PERENCANAAN PAJAK SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN PAJAK PENGHASILAN YANG TERUTANG BAGI WAJIB PAJAK BADAN PADA (Studi Kasus Pada PT. PESONA REMAJA MALANG)

Aprillina Pipit Ernawati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Pesona Remaja Malang dengan judul “Perencanaan Pajak Sebagai Upaya Meminimalkan Besarnya Pajak Penghasilan Yang Terutang Bagi Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada PT. Pesona Remaja Malang).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah PT. Pesona Remaja sudah melaksanakan perencanaan pajak dan untuk mengetahui apakah dengan perencanaan pajak dapat meminimalkan besarnya pajak yang terutang bagi wajib pajak badan pada PT. Pesona Remaja.
Pajak sebagai penerimaan penting untuk pembiayaan pembangunan negara sering dihindari oleh wajib pajak. Bagi negara pajak merupakan sumber penerimaan penting sedangkan bagi perusahaan pajak merupakan beban yang akan mengurangi penghasilan bruto sehingga wajib pajak sering menggunakan berbagai cara untuk meminimalkan pajak yang terutang. Dari kondisi inilah terjadi penggelapan pajak, untuk menghindarinya wajib pajak dapat menerapkan perencanaan pajak.
PT. Pesona Remaja belum melaksanakan perencanaan pajak, hal ini dapat dilihat pada besarnya Pajak Penghasilan Terutang yang masih besar. Setelah penulis melakukan analisa terhadap laporan keuangan, PT. Pesona Remaja masih melakukan kesalahan dalam kebijakan perpajakan antara lain penentuan tarif penyusutan aktiva tetap, terdapat biaya-biaya yang seharusnya tidak boleh dikurangkan pada penghasilan bruto seperti biaya makan, seragam, pengobatan karena pemberian fasilitas ini berupa natura atau kenikmatan.
Biaya-biaya yang termasuk dalam biaya natura atau kenikmatan tersebut akan dapat dikurangkan apabila diberikan dalam bentuk uang tunai atau tunjangan. Sehingga biaya-biaya tersebut bertambah dan laba penghasilan berkurang yang mengakibatkan pajak penghasilan terutang yang dibebankan semakin berkurang. Sebelum dilaksanakan perencanaan pajak, pajak penghasilan yang terutang sebesar Rp. 370.716.800 dan sesudah dilakukan perencanaan pajak sebesar Rp. 324.565.176
Dari hasil perhitungan dengan melakukan perencanaan pajaksesuai dengan Undang-undang perpajakan maka PT. Pesona Remaja dapat meminimalkan pajak penghasilan yang terutang sebesar Rp. 46.151.624. hasil ini menunjukkan jumlah yang menguntungkan oleh pihak perusahaan karena dapat dialokasikan pada keperluan lain.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Pesona Remaja melakukan perencanaan pajak dengan lebih memanfaatkan biaya-biaya fleksibel dengan selalu memperhatikandan memahami peraturan perpajakan yang berlaku, selalu berubah dan diperbarui untuk menghindari penggelapan pajak.

 


Keyword : pajak; penghasilan bruto

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-aprillinap-326-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


pajak; penghasilan bruto