PENGARUH EFISIENSI KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PADA PT. SEPATU BATA Tbk JAKARTA

Leni Setyowati

Abstract


Penelitian yang telah penulis lakukan merupakan studi kasus pada perusahaan PT. Sepatu Bata Tbk Jakarta yang diambil dari Pojok Bursa Efek Jakarta dengan judul PENGARUH EFISIENSI KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah tingkat efisiensi kas pada perusahaan sudah tercapai dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh efisiensi kas terhadap tingkat likuiditas perusahaan.
Alat analisis yang penulis gunakan adalah analisis perputaran kas untuk mengetahui efisiensi kas dan analisis likuiditas yaitu quick ratio yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat likuiditas perusahaan. Selain itu penulis juga menggunakan analisis koefisien korelasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh efisiensi kas terhadap tingkat likuiditas perusahaan.
Berdasarkan analisis perputaran kas dan analisis likuiditas yang dilihat dari quick ratio, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun perputaran kas dan quick ratio sama-sama mengalami kenaikan dan penurunan (tidak stabil). Dengan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa efisiensi kas perusahaan belum tercapai.
Berdasarkan analisis koefisien korelasi, hasil yang diperoleh yaitu sebesar 0,02%. Dengan hasil perhitungan ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh efisiensi kas terhadap tingkat likuiditas pada perusahaan ini adalah berpengaruh sangat kuat. Maksudnya adalah apabila kas mengalami penurunan maka likuiditas perusahaan juga akan mengalami penurunan dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan PT. Sepatu Bata Tbk harus meningkatkan efisiensi kas agar likuiditasnya dapat terjaga dengan baik.

 

Keyword : likuiditas; efektifitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-lenisetyow-327-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


likuiditas; efektifitas