PENGARUH PERUBAHAN MODAL KERJA TERHADAP LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Susmiati Susmiati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan makanan dan minuman yang listing di bursa efek Jakarta dengan judul “Pengaruh Perubahan Modal Kerja Terhadap Likuiditas Dan Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengadakan penggujian secara empiris ada tidaknya pengaruh perubahan modal kerja terhadap likuiditas dan profitabilitas perusahaan makanan dan minuman.
Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diduga variabel perubahan modal kerja berpengaruh signifikan terhadap likuiditas dan profitabilitas.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh perubahan modal kerja terhadap likuiditas dan profitabilitas adalah analisis regresi sederhana dan untuk mengguji hipotesis digunakan uji F dan uji T.
Hasil analisis data untuk mengetahui pengaruh perubahan modal kerja terhadap likuiditas dan profitabilitas diperoleh hasil untuk current ratio (Y11) = 1.722 + 0.05X, quick ratio (Y12) = 1.443 + 0.04X, return on investment (Y21)
= -0.128 + 0.097X, return on equity (Y22) = 3.029 + 0.424X. Sedangkan hasil uji F dan uji T untuk mengguji hipotesis, menyatakan bahwa menerima Ho (perubahan modal kerja tidak berpengaruh yang signifikan terhadap likuiditas dan profitabilitas).
Dari hasil analisis regresi sederhana maka perubahan modal kerja tidak berpengaruh terhadap current ratio, quick ratio, return on investment dan return on equity. Sedangkan hipotesis yang menyatakan variabel perubahan modal kerja berpengaruh signifikan terhadap likuiditas dan profitabilitas tidak dapat diterima atau tidak terbukti.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan pada perusahaan makanan dan minuman harus mengelola modal kerja dengan efektif sehingga terjadi keseimbangan antara likuiditas dan profitabilitas.

 

Keyword : modal kerja; likuiditas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-susmiati98-303-Pendahul-n.PDF


Keywords


modal kerja; likuiditas