ANALISIS COST VOLUME PROFIT DENGAN PENDEKATAN ABC SYSTEM SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK (Studi Kasus Pada PT. MENTARI MASSEN TOYS INDONESIA, JOMBANG)

Faridah Faridah

Abstract


Persaingan dalam dunia usaha di era globalisasi saat ini semakin ketat. Perkembangan teknologi dan komunikasi telah memacu perusahaan-perusahaan di Indonesia memasuki persaingan pasar yang bersifat global. Meningkatnya persaingan lingkungan bisnis yang global mempunyai arti bahwa kebutuhan perusahaan terhadap informasi manajemen biaya semakin meningkat supaya mampu bersaing. Perusahaan membutuhkan informasi keuangan dan non keuangan tentang bagaimana cara bersaing secara efektif di negara lain.
Salah satu yang perlu diperhatikan perusahaan dalam menghadapi persaingan adalah cost effectiveness. Cost effectiveness merupakan ukuran kinerja yang mengukur seberapa efisien masukan dimanfaatkan untuk melaksanakan aktivitas penambah nilai (value-added activities) bagi costumer (Setyawan, 2001:386). Keberhasilan perusahaan ditentukan oleh kemampuannya untuk menghilangkan aktivitas bukan penambah nilai (non-value-added activities) dalam kegiatan memproduksi dan mendistribusikan produk pada costumer. Perusahaan harus mampu secara efektif memasarkan produk dan jasa kepada costumer.
Perencanaan laba merupakan rencana kerja yang telah diperhitungkan dengan cermat dimana implikasi keuangannya dinyatakan dalam bentuk proyeksi perhitungan laba rugi, neraca, kas dan modal kerja untuk jangka panjang dan jangka pendek (Matz dkk., 1997:3). Perencanaan laba melibatkan kegiatan seperti penetapan tujuan dan target laba yang realistis serta cara untuk mencapai laba. Rencana ini perlu mempertimbangkan struktur organisasi lini produk, jasa, harga dan volume penjualan, biaya, pangsa pasar dan tenaga kerja. Setiap bagian dari rencana tersebut harus dievaluasi kelayakannya dan pengaruhnya terhadap bagian lain dari rencana tersebut. Laba dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya, menghilangkan pengulangan pekerjaan serta ketidakkonsistenan.
Salah satu alat bantu untuk perencanaan laba adalah analisis biaya-volume-laba (Cost-Volume-Profit/CVP Analysis). Analisis biaya-volume-laba bermanfaat untuk menganalisis dampak perubahan harga jual, volume penjualan dan biaya terhadap laba sehingga membantu perusahaan dalam perencanaan laba jangka pendek. Sasaran analisis biaya-volume-laba adalah untuk menetapkan apa yang terjadi terhadap posisi keuangan perusahaan. Dalam menganalisis biaya-volume-laba diperlukan adanya biaya tetap dan biaya variabel yang dikeluarkan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasinya.

 

Keyword : cost volume profit; abc system; alat perencanaan laba

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/25/jiptummpp-gdl-s1-2004-faridah986-1228-Pendahul-n.PDF


Keywords


cost volume profit; abc system; alat perencanaan laba