ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM LQ-45

Lisa Agus Rahmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan judul “Analisis Pengaruh Earning Per Share Dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan yang Termasuk Dalam LQ-45”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham dan variabel manakah yang dominan mempengaruhi harga saham antara EPS dan PER. Dalam penelitian ini, penulis mengambil satu hipotesis penelitian, yaitu : terdapat pengaruh earning per share dan price earning ratio tehadap harga saham.
Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi linear berganda, serta menggunakan uji hipotesis, yaitu : uji F dan uji t.
Hasil analisis korelasi menunjukkan besarnya korelasi antara EPS dan harga saham sebesar 0,573 dengan arah hubungannya adalah positif. Sedangkan besarnya korelasi antara PER dengan harga saham sebesar 0,105 dengan arah hubungannya adalah positif. Dari analisis regresi diketahui persamaan regresinya, yaitu : Y = 1055,492 + 5,744 X1 + 56,371 X2. Dan besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,348 atau 34,8 %.Dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa secara bersama-sama variabel EPS dan PER berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan variabel PER tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dari kedua variabel bebas (EPS dan PER) tersebut diketahui bahwa variabel EPS merupakan variabel yang dominan mempengaruhi harga saham.

 

Keyword : EPS; PER; LQ-45

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-lisaagusra-281-Pendahul-n.PDF


Keywords


EPS; PER; LQ-45