COST OF QUALITY SEBAGAI ALAT UKUR MANAJEMEN DALAM MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PADA PERUSAHAAN TENUN PELANGI LAWANG

Lina Hidayati

Abstract


Era industri, era teknologi dan era globalisasi dewasa ini, mengakibatkan pengetahuan masyarakat akan informasi yang up to date menjadi lebih baik. Penyampaian informasi yang efektif dapat memperluas ruang lingkup pemahaman masyarakat terhadap sesuatu yang ada disekeliling. Demikian pula informasi akan produk yang berkualitas, baik itu barang ataupun jasa yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Informasi tersebut akan memberikan berbagai masukan sebagai dasar pertimbangan terhadap sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat.
Banyaknya produk yang ditawarkan untuk menarik perhatian masyarakat menimbulkan persaingan antara para produsen untuk dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Persaingan tersebut terjadi tidak terlepas dari kondisi dimana banyak tersedia produk yang ditawarkan dengan jenis dan keunggulan dari masing-masing produk. Seiring dengan itu persoalan yang dihadapi manajemen semakin komplek, sehingga keputusan yang diambil memegang peran yang cukup penting di dalam pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu tujuan utama perusahaan adalah mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Selain itu perusahaan harus mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas yang merupakan senjata utama perusahaan dalam bersaing di lingkungan yang selalu berubah.
Perhatian khusus pada kualitas didasarkan pada kenyataan bahwa kualitas yang meningkat pada akhirnya akan meningkatkan laba perusahaan, karena peningkatan kualitas akan diiringi oleh biaya-biaya tertentu yang terus menurun dan naiknya pangsa pasar. Sedangkan biaya kualitas merupakan biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mempertahankan kualitas produk yang diproduksi oleh perusahaan dari kemungkinan adanya penurunan kualitas dan kesalahan-kesalahan yang akan mempengaruhi prasyarat kualitas yang diinginkan konsumen. Peningkatan kualitas merupakan cara yang sangat efektif bagi manajemen dalam menilai efisiensi dan efektivitas perusahaan, selain itu biaya kualitas juga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan diantaranya membantu manajer dalam pengambilan keputusan manajerial perusahaan.
Peningkatan kualitas produk disamping dapat memberikan nilai kepada konsumen dan kesan yang baik di masyarakat, pembuatan produk yang bermutu atau berkualitas akan mengurangi biaya atas produk itu sendiri, yaitu kurangnya biaya kerusakan dan akan mempermudah bagi pemasaran produk tersebut. Disamping itu, stategi kualitas yang dimanfaatkan juga dapat memenangkan persaingan, karena aspek kualitas sukar ditiru dan tidak setiap perusahaan mampu mencapai superioritas kualitas atau mutu. Perusahaan yang memiliki keunggulan serta pangsa pasar yang luas akan mampu memperoleh laba yang tinggi. Oleh karena itu perusahaan harus mampu untuk:
1. Mengerti apa yang diinginkan konsumen dan berusaha untuk memenuhinya pada tingkat yang paling rendah.
2. Menyediakan barang maupun jasa yang ditentukan konsumen dengan kualitas yang tinggi dan reabilitas yang konsisten.
3. Senantiasa mengikuti perkembangan teknologi, politik dan sosial yang terjadi di lingkungan perusahaan.
4. Dapat memprediksi apa yang diinginkan konsumen bahkan sampai dekade sepuluh tahun mendatang.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis akan membahas melalui skripsi yang berjudul: "Cost Of Quality Sebagai Alat Ukur Manajemen Untuk Menilai Efisiensi dan Efektivitas Pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang”.

 

Keyword : cost of quality; efisiensi; efektivitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/25/jiptummpp-gdl-s1-2004-linahidaya-1242-Pendahul-n.PDF


Keywords


cost of quality; efisiensi; efektivitas