ANALISIS SISTEM ACTIVITY-BASED COSTING DALAM MENILAI AKURASI BIAYA PRODUKSI PADA PT. (Persero) INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL LAWANG

Saiful Arif

Abstract


Penelitian ini merupakan studi diskriftif, dengan judul “ANALISIS SISTEM ACTIVITY-BASED COSTING DALAM MENILAI AKURASI BIAYA PRODUKSI PADA PT. (Persero) INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL LAWANG”.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah sistem ABC mampu menjamin akurasi informasi biaya produksi dibandingkan dengan sistem konvensional dan untuk mengetahui pengaruh informasi biaya produksi (ABC Sistem) dalam membantu manajemen guna mengambil keputusan.
Sedangkan objek dan lokasi yang dipilih adalah PT. (Persero) Industri Sandang Nusantara Unit Patal Lawang ,Malang Jawa Timur. Adapun teknik analisa yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah menghitung harga pokok produk secara konvensional,menghitung harga pokok produk sistem ABC dan membandingkan perhitungan harga pokok produk konvensional dengan harga pokok produk sistem ABC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk produk Ry 1/1 dan Ry 24/1 menunjukkan selisih positif sebesar Rp 19.795.537,67 dan Rp 4.110.068,64 hal ini disebabkan karena pembebanan biaya overhead pabrik secara konvensional lebih besar daripada pembebanan biaya overhead pabrik berbasis aktivitas. sedangkan untuk produk Ry 30/1 mengalami selisih negatif sebesar Rp 309.197,26 selisih negatif tersebut disebabkan adanya distorsi biaya overhead. Penyebab terjadinya distorsi biaya tersebut karena pembebanan biaya terhadap aktivitas tunggal yang ada pada sistem konvensional.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat saya sampaikan saran kepada perusahaan, sebaiknya perusahaan menggunakan sistem ABC dalam pembebanan biaya ke produk untuk mengurangi kesalahan dalam pengambilan keputusan.

 

Keyword : activity based costing; biaya produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-saifularif-312-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


activity based costing; biaya produksi