ANALISIS SISTEM OPERASIONAL ASURANSI TAKAFUL BERDASARKAN SYARIAT ISLAM SEBAGAI SUATU ALTERNATIF ASURANSI PADA PT. ASURANSI TAKAFUL INDONESIA CABANG BANJARMASIN

Sri Muryati

Abstract



Penelitian ini merupakan studi deskriptif tentang Asuransi Takaful indonesia dengan judul : “ ANALISIS SISTEM OPERASIONAL ASURANSI TAKAFUL BERDASARKAN SYARIAT ISLAM SEBAGAI SUATU ALTERNATIF ASURANSI PADA PT. ASURANSI TAKAFUL INDONESIA CABANG BANJARMASIN”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem operasional Asuransi Takaful serta keunggulannya jika dibandingkan dengan asuransi konvensional secara umum.
Dalam penelitian ini penulis memberikan dua gambaran asuransi yang menerapkan sistem islam dengan asuransi yang tidak menggunakan sistem islam, yang dalam hal ini tolak ukur yang digunakan untuk menganalisis apakah sistem operasional Asuransi Takaful benar-benar unggul apabila dibandingkan dengan sistem operasional asuransi konvensional. Karena dalam penerapan operasionalnya terdapat perbedaan yaitu pada penggunaan sistem bagi hasil dan pola investasi non bunga.
Asuransi Takaful menerapkan sistem bagi hasil dengan tujuan untuk menjunjung tinggi prinsip keadilan antara peserta dengan perusahaan, sehingga peserta tidak merasa dirugikan karena mempunyai hak yang sama atas keuntungan dari investasi berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.
Dengan diterapkannya pola investasi non bunga, perusahaan takaful tidak menginvestasikan kumpulan dana pesertanya pada lembaga-lembaga yang menggunakan sistem bunga. Hal ini bertujuan agar para peserta terhindar dari praktek uang riba. Karena nilai investasinya Asuransi Takaful mengalokasikan pada pembiayaan-pembiayaan yang sesuai syariat.
Kemudian asuransi konvensional mengalokasikan dana yang terkumpul dari peserta pada lembaga-lembaga yang menerapkan sistem bunga dan dana yang terkumpul tersebut sepenuhnya milik perusahaan sehingga perusahaan bebas menginvestasikan sesuai dengan kebijakan manajemen.
Dalam perjalanannya Asuransi Takaful menunjukan keunggulannya hal ini dapat dilihat dari peserta dan perusahaan sama-sama diuntungkan. Begitulah islam apabila diterapkan pelakunya akan mendapatkan dua keuntungan yaitu di dunia dan akhirat.
Harapan kita semoga lembaga-lembaga keuangan yang berdasarkan syariah dapat berjalan dan berhasil sesuai dengan apa yang diinginkan oleh seluruh umat.

 

Keyword : asuransi takaful; investasi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-srimuryati-324-Pendahul-n.pdf


Keywords


asuransi takaful; investasi