ANALISIS RASIO FINANSIAL SEBAGAI SALAH SATU ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENILAI KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK CABANG BANJARMASIN

Aji Jumiati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan judul ?Analisis Rasio Finansial Sebagai Salah Satu Alat Bantu Manajemen Untuk Menilai Kondisi Keuangan Perusahaan Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Banjarmasin?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengkaji bagaimana peran analisis rasio finansial dalam proses pengambilan keputusan pemberian kredit, serta mengkaji bagaimana bank mengukur prospek usaha calon debitur dalam proses pengambilan keputusan pemberian kredit. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis rasio finansial yang meliputi, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasio aktivitas, rasio coverage, dan rasio lainnya yang berupa perbandingan antara EBITDA dengan kewajiban bunga ditambah pokok pinjaman 1 tahun, perbandingan EBIT dengan kewajiban bunga dan equity to total assets ratio.
Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa dalam menganalisis laporan keuangan calon debitur pihak bank (account office) menggunakan analisis rasio finansial dan membuat perbandingan antar periode akuntansi, untuk mengkaji trend rasio tersebut. Untuk mengetahui Credit Risk Rating, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Banjarmasin menggunakan standard yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk mengukur prospek usaha calon debitur pihak bank (account officer) melakukan analisis terhadap kondisi makro usaha atau industri sejenis. Analisis ini antara lain meliputi: pemasok, pembeli, persaingan, barang substitusi, potensi calon pesaing, dan peraturan pemerintah.

 

Keyword : Analisis rasio financial

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/59/jiptummpp-gdl-s1-2005-ajijumiati-2908-Pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis rasio financial