Analisis Tentang Penggunaan Anggaran Fleksibel Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada Pabrik Gondorukem dan Terpentin Trenggalek

SITI MAISAROH

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Pabrik Gondorukem dan terpentin Trenggalek dengan judul ?Analisis tentang Penggunaan Anggaran Fleksibel sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada Pabrik Gondorukem dan Terpentin Trenggalek?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas perusahaan khususnya yang berkaitan dengan pengendalian biaya produksi dan untuk mengetahui peranan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya produksi pada Pabrik Gondorukem dan Terpentin Trenggalek.
Dalam penelitian ini, penulis mencoba memberikan alternatif dalam pengendalian biaya yaitu menggunakan anggaran fleksibel, yaitu bahwa penggunaan anggaran fleksibel lebih menguntungkan daripada menggunakan anggaran tetap.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui keandalan anggaran fleksibel biaya produksi penulis menggunakan metode kuadrat terkecil untuk memisahkan biaya semivariabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Sedangkan untuk mengetahui selisih antara anggaran dan realisasi digunakan analisis varian.
Hasil perhitungan dengan analisis varian terhadap biaya produksi apabila menggunakan anggaran tetap adalah Rp. 238.774.413, sedangkan hasil analisis apabila menggunakan anggaran fleksibel yaitu lebih menguntungkan sebesar Rp.420.588.837.
Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya produksi ternyata lebih menguntungkan daripada menggunakan anggaran tetap.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa Pabrik Gondorukem dan Terpentin Trenggalek sebaiknya menggunakan anggaran fleksibel untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.

 

Keyword : Anggaran fleksibel

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/72/jiptummpp-gdl-s1-2005-sitimaisar-3600-Pendahul-n.PDF


Keywords


Anggaran fleksibel