EVALUASI TERHADAP SUMBER DAN PENGGUNAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA KEDIRI

KARMINI KARMINI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada Dinas Pendapatan Pemerintah Kota kediri, dengan judul ?EVALUASI TERHADAP SUMBER DAN PENGGUNAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA KEDIRI?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sumber pendapatan asli daerah diperoleh oleh Pemerintah Kota Kediri, (2) Untuk mengetahui alokasi atau penggunaan pendapatan asli daerah pada Pemerintah Kota Kediri, (3) Untuk mengetahui apakah sumber dan penggunaan pendapatan asli daerah sudah sesuai dengan yang direncanakan.
Alat analisis yang digunakan untuk menilai kinerja pendapatan daerah di Kediri adalah penilaian dengan menganalisis varians (selisih) antara realisasi dengan yang dianggaran.
Dari hasil analisis dengan menggunakan analisis varians dapat diketahui, untuk perkembangan pendapatan asli daerah selama tahun 1998 sampai dengan tahun 2002 mengalami peningkatan terus menerus. Nilai dari realisasi selalu diatas target kecuali untuk tahun anggaran 1999 dan 2000, anggaranyang ditetapkan lebih kecil dari realisasi yang diterima. Untuk penggunaan pendapatan asli daerah tahun anggaran 1998 sampai dengan tahun 2002 dilihat dapat diketahui bahwa anggaran yang ditetapkan selalu melebihi realisasi yang ada, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendapatan asli daerah sudah sesuai yang diharapkan. Sedangkan prosentase kenaikan atau penurunan pendapatan asli daerah untuk tahun 1998 sampai dengan 1999 menunjukkan prosentase penurunan dan untuk tahun 2000 sampai dengan tahun 2001 prosentasenya mengalami kenaikan yang sangat besar akan tetapi pada tahun 2002 mengalami penurunan yang tidak begitu berarti bagi pendapatan asli daerah. Apabila dilihat dari kenaikan atau penurunan pendapatan asli daerah tersebut menunjukkan bahwa dinas pendapatan daerah perlu meningkatkan pengamanan dan mencari obyek-obyek baru sehingga diharapkan realisasi dapat memenuhi target yang diharapkan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat megimplikasikan bahwa pemerintah kota Kediri hendaknya mengarahkan kebijaksanaan yang bersifat intensifikasi, ekstensifikasi dan peningkatkan usaha lain yang dapat berpengaruh langsung terhadap penerimaan pendapatan asli daerah.

 


Keyword : Penggunaan pendapatan daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-karmini996-3601-Pendahul-n.PDF


Keywords


Penggunaan pendapatan daerah