PENERAPAN ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ROTAN PT. UNAAHA INDAH

PERAWATI PERAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Rotan PT. UNAAHA INDAH dengan judul ?Penerapan Anggaran Fleksibel Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada Perusahaan Rotan PT. UNAAHA INDAH di Kendari - Sulawesi Tenggara?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anggaran yang telah diterapkan perusahaan di bagian produksi selama ini, dan mengetahui apakah anggaran fleksibel dapat diterapkan sebagai alat pengendalian biya produksi.
Dalam penelitian ini penulis memisahkan biaya produksi ke dalam biaya tetap, variabel dan semivariabel. Pemisahan biaya semivariabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel menggunakan metode kuadrat terkecil.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui anggaran yang telah diterapkan perusahaan di bagian produksi adalah evaluasi terhadap anggaran yang diterapkan, dan untuk mengetahui apakah anggaran fleksibel dapat diterapkan sebagai alat pengendalian adalah menggunakan analisis varians untuk mengukur selisih yang terjadi antara anggaran dan realisasi.
Hasil perhitungan dengan cara membandingkan anggaran fleksibel biaya produksi dengan realisasi pada kapasitas yang sama yaitu 945 Ton dapat diketahui selisih tidak menguntungkan sebesar Rp. 434.074.638,60.
Dari hasil analisis tersebut, dengan menerapkan anggaran fleksibel lebih efisien dalam pengendalian biaya produksi karena akan memberikan informasi yang akurat, teliti dan tidak menyesatkan pihak manajeman dalam mengambil keputusan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan menganalisis pola perilaku biaya (Tetap, Variabel, Semi variabel) dan menerapkan anggaran fleksibel sebagai pengendalian biaya produksi.

 

Keyword : ANGGARAN FLEKSIBEL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-perawati99-3603-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


ANGGARAN FLEKSIBEL