ANALISIS DISKRIMINAN SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN

Uun Zakiah Saidah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada BEJ dengan judul “Analisis Diskriminan Sebagai Alat Untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman “.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anlisis diskriminan Altman dalam memprediksi tingkat kebangkrutan perusahaan makanan dan minuman berdasarkan analisis diskriminan.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan. Alat bantu yang digunakan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang gagal dan sukses serta untuk mencari model persamaan dan membuktikan hasil dari penelitian Altman adalah dengan bantuan program SPSS for Windows Ver.11.00 yaitu uji normalitas data, deskriptif statistik, dan analisis diskriminan.
Penelitian ini menggunakan rumus Altman dalam pengkategorian perusahaan yang gagal dan sukses serta untuk mencari persamaan diskriminan dan membuktikan hasil dari penelitian Altman. Persamaan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:
Z gagal = -2,427-7,583 X1
Z sukses = -0,911+2,686 X1
Dari hasil penelitian memang tedapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang gagal dan sukses. Selain itu penelitian Altman juga terbukti bahwa X1-X5 berpengaruh terhadap kebangkrutan. Karena rata-rata rasio perusahaan yang sukses lebih besar dari perusahaan yang gagal.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa sebaiknya pihak manajemen perusahaan makanan dan minuman yang gagal perlu memperhatikan hasil penelitian ini sebagai suatu pertimbangan untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja keuangan dengan menekankan pada faktor yang diidentifikasi sebagai penyebab kebangkrutan.

 

Keyword : diskriminan; tingkat kebangkrutan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/25/jiptummpp-gdl-s1-2004-uunzakiahs-1205-Pendahul-n.PDF


Keywords


diskriminan; tingkat kebangkrutan