PERLAKUAN AKUNTANSI BIAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN SEBAGAI BIAYA SOSIAL DAN PELAPORANNYA DALAM LAPORANKEUANGAN PERUSAHAAN

SYAHRUDDIN SYAHRUDDIN

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT.PG. Krebet Baru Malang dengan Judul ?Perlakuan Akuntansi Biaya Pelestarian Lingkungan sebagai Biaya Sosial dan Pelaporannya dalam Laporan Keuangan Perusahaan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pengalokasian biaya-biaya kelestarian lingkungan yang telah atau akan dilakukan perusahaan dan untuk mengetahui sistem pencatatan dan pelaporan biaya-biaya pelestarian lingkungan dalam laporan keuangan perusahaan.
Teknik analisis Teknik analisis data yang akan digunakan adalah teknik kuantitatif (non-statistik). Tehnik kuantitatif ini melakukan perhitungan data-data untuk mendapatkan hasil yang nantinya digunakan sebagai bahan untuk analisis mengenai biaya-biaya sosial (limbah) khususnya biaya-biaya pengolahan limbah, pelestarian, rehabilitasi lingkungan dan komponen yang termasuk di dalamnya mengenai pengakuannya dan cara penyajiannya secara wajar, secara terpisah ataupun tidak pada laporan keuangan perusahaan baik dalam laporan laba-rugi ataupun neraca perusahaan.
Hasil analisis untuk biaya-biaya sosial pengakuannya sebagai air limbah dan setelah air limbah keluarkan dari harga pokok produksi kemudian diperlakukan sebagai biaya sosial dalam sub pendapatan dan biaya lain-lain pada laporan laba/ rugi mengakibatkan laba kotor yang diperoleh lebih besar sejumlah Rp.598.576.218,14 menjadi Rp.15.999.454.148,14 sebaliknya harga pokok produksi menjadi lebih kecil Rp.87.384.454.270,86 demikian pula dengan laba usaha menjadi lebih besar, yaitu Rp.8.999.378.325,14. Tetapi biaya tersebut tidak dilaporkan secara terpisah dari laporan keuangan utama perusahaan ke dalam format laporan yang bersifat melengkapi.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat menyarankan bahwa sebaiknya PT.PG. Krebet Baru di Malang memperlakukan biaya lingkungannya sebagai biaya sosial dalam pos pendapatan dan biaya lain-lain dan menyajikannya dalam format laporan terpisah dari laporan keuangan utama perusahaan agar kinerja perusahaan dapat terlihat secara keseluruhan bagi pengguna laporan keuangan perusahaan.

 

Keyword : AKUNTANSI BIAYA; LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/33/jiptummpp-gdl-s1-2004-syahruddin-1636-Pendahul-n.pdf


Keywords


AKUNTANSI BIAYA; LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN