PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHERE(Studi Kasus Pada Perusahaan Consumer Good Go Publik di Bursa Efek Jakarta)

ALIK KISWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori pada perusahaan consumer good go publik di Bursa Efek Jakarta dengan judul “Pengaruh Financial Leverage Terhadap Earning Per Share ( Studi Kasus Pada Perusahaan Consumer Good Go Publik Di Bursa Efek Jakarta )”.
Pada Penelitian ini penulis merumuskan dua permasalahan yaitu apakah financial leverage mempunyai pengaruh yang siknifikan terhadap earning per share dan seberapa besarpengaruh financial leverage terhadap earning per share.
Adapuun tujuan yaang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh financial leverage terhadap earning per share perusahaan.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis yaitu ; diduga terdapat pengaruh financial leverage terhadap earning per share pada perusahaan consumer good go publik di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan untukmengetahui besarnya pengaruh financial leverage keuangan adalah regresi linear sederhana, berdasarkan data hasil regrasi : LnY = 3,909 + 0,511 LnX
Berdasarkan hasil pengujian dengan analisa regrasi diperoleh nilai R square determinasi adalah 0,217 artinya 21,7% variasi earning per share bisa dijelaskan oleh variasi dari variabel financial leverage. Sedangkan sisanya sebesar 78,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Berdasarkan hal diatas, Penulis dapat mengimplikasikan bahwa dalam melakukan investasi, investor hendaklah tidak hanya memperhatikan financial leverage, tetapi juga perlu memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti capital gains, volume penjualan saham, stabilitas politik dan ekonomi negara.

 

Keyword : PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/34/jiptummpp-gdl-s1-2005-alikkiswat-1683-pendahul-n.pdf


Keywords


PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE