ANALISA LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI PERKEMBANGAN USAHA PADA PERUSAHAANMEBEL CV. KALINGGA JAYA JEPARA

Syaiful Bahri

Abstract


Jenis penelitian ini bersifat diskriptif pada perusahaan meubel CV. Kalingga Jaya Jepara dengan Judul “Analisa Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Perkembangan Usaha Pada Perusanaan Mebel CV. Kalingga Jaya Jepara”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan usaha pada perusahaan yang dinilai mulai tahun 1999 sampai tahun 2003.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui perkembangan usaha perusahaan dari tahun 1999 sampai tahun 2003 adalah analisis rasio, yang terdiri dari rasio likuiditas, laverage, aktivitas, dan profitabilitas. Tolok ukur yang digunakan untuk menentukan apakah angka yang dihasilkan dari analisa rasio tersebut sudah dianggap baik atau belum mencukupi apabila rasio likuiditasnya memenuhi perbandingan 2:1 pada current ratio dan 1 : 1 pada rasio aktivitas yaitu 60 hari standar untuk average collection period dan 6 x untuk receivable turn over, dan untuk rasio profitabilitasseberapa besar perusahaan mampu dalam menghasilkan laba. Hasil perhitungan analisa rasio bahwa dari angka yang dihasilkan analisa rasio likuiditas di atas rata-rata, profitabilitas prosentasenya menunjukkan rata-rata kenaikannya relatif kecil, Aktivitas belum memenuhi target, sedangkan leverage menunjukkan angka yang cukup baik.
Dari hasil analisa tersebut, sesuai dengan tolak ukur yang digunakan, maka hasil analisa likuiditas menunjukkan perusahaan mampu menjamin semua kewajiban-kewajibannya, hasil analisa profitabilitas menunjukkan perusahaan cukup mampu dalam menghasilkan laba walaupun kenaikannya relatif kecil, sedangkan juga hasil analisa aktivitas perusahaan belum mampu menagih piutang dengan cepat karena dibawah target, berbeda dengan hasil analisa leverage yang menunjukkan modal sendiri, aktiva dengan hutang masih lebih besar, artinya tidak sepenuhnya perusahaan dibiayai oleh hutang.Berdasarkan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan meubel CV. Kalingga Jaya Jepara melakukan analisa terhadap laporan keuangan pada periode teakhir untuk membandingkan laporan keuangan dengan tahun sebelumnya. Perusahaan hendaknya mempertahankan prestasi yang telah dicapai dan ditingkatkan pada masa yang akan datang.

 

Keyword : LAPORAN KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/34/jiptummpp-gdl-s1-2005-syaifulbah-1689-pendahul-n.pdf


Keywords


LAPORAN KEUANGAN