ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA OVERHEAD PABRIK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAN TENUN NASIONAL SARTIMBOEL DI NGUNUT TULUNGAGUNG

Novandaru Herlambang

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada perusahaan Farmasi yang listing di BEJ dengan judul “Pengaruh Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Farmasi yang Listing di BEJ”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh earning per share terhadap harga saham pada perusahaan Farmasi yang listing di BEJ.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil hanya satu hipotesis yaitu ada pengaruh variabel EPS terhadap variabel harga saham. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh EPS terhadap harga saham adalah dengan menggunakan analisis korelasi, analisis regresi sederhana serta menggunakan uji statistik yaitu uji t. Dimana pengujian analisis tersebut menggunakan bantuan program SPSS versi 11.00.
Hasil perhitungan dengan analisis korelasi dapat diketahui bahwa besarnya korelasi antara variabel log P dengan log EPS sebesar 0.806 dengan arah hubungan positif, yang artinya semakin tinggi log EPS akan cenderung log P semakin tinggi. Dan besarnya koefisien determinasi yang menunjukkan oleh R2 (R square) sebesar 0.650. Hal ini menunjukkan bahwa variasi Log P yang mampu dijelaskan oleh variabel bebas, yang ditunjukkan Log EPS sebesar 65 persen. Sedangkan sisanya, yaitu 35 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.
Dari hasil analisis regresi dan uji t diketahui jika besarnya thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak, berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa besarnya thitung sebesar 6.538 sedangkan besarnya t tabel dengan a 0.05 dan n sebesar 23 diperoleh besarnya ttabel sebesar 1.714. Maka keputusannya Ho ditolak. Artinya Log EPS berpengaruh terhadap Log P.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat memberi saran bahwa sebaiknya perusahaan Farmasi tetap harus memperhatikan faktor fundamental perusahaan, karena investor sangat mempedulikan hasil kinerja manajemen dengan mengimplementasikan dalam bentuk laba atau tingkat kembalian (return) yang akan diterimanya, meskipun faktor-faktor lain masih harus tetap diperhatikan misalnya faktor teknikal maupun faktor sosial.

 

Keyword : pengaruh earning

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/1/jiptummpp-gdl-s1-2004-novandaruh-26-Pendahul-n.PDF


Keywords


pengaruh earning