PENGENDALIAN BIAYA TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI CV.DELIMA MALANG

Emilda Yuliastutik

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus pada CV. DELIMA Malang dengan judul “ Pengendalian biaya tenaga kerja pada perusahaan konstruksi CV. DELIMA di Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian biaya tenaga kerja langsung yang dilakukan perusahaan dan apakah dengan pengendalian biaya tenaga kerja yang dilakukan dapat menjamin bahwa efisiensi biaya pada perusahaan dapat tercapai.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian biaya tenaga kerja langsung yang dilakukan dapat menjamin bahwa efiisensi biaya pada perusahaan dapat tercapai dengan menggunakan analisis selisih. Untuk pengendalian tarif upah dengan menggunakan analisis selisih tarif upah yaitu tarif upah sesungguhnya dikurangi tarif upah standar dikalikan jam kerja sesungguhnya. Dan untuk pengendalian jam kerja dengan menggunakan analisis selisih efisiensi upah yaitu jam kerja sesungguhnya dikurangi jam kerja standar dikalikan tarif upah standar. Tolok ukur untuk menentukan bahwa pengendalian sudah efisien atau belum adalah jika selisih tarif upah dan jam kerja menunjukkan angka positif berarti menguntungkan( favorable ). Sebaliknya, jika selisih upah dan jam kerja menunjukkan angka negatif berarti rugi( unfavorable).
Dari hasisl analisis diketahui bahwa pengendalian biaya tenaga keja langsung sudah baik karena dari laporan prestasi yang dibuat oleh perusahaan memperoleh keuntungan. Sedangkan dari analisis selisih menunjukkan selisih tarif upah dan selisih efisiensi upah yang favorable, masing-masing sebesar Rp 14. 935. 500,- dan Rp 15. 196. 500,-. Dari hasil analisis tersebut diperoleh jawaban bahwa bagian produksi sudah bekerja dengan baik.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya CV. DELIMA Malang hendaknya mengunaan analisis varian.

 

Keyword : pengendalian biaya tenaga kerja

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/2/jiptummpp-gdl-s1-2004-emildayuli-94-Pendahul-n.PDF


Keywords


pengendalian biaya tenaga kerja