PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABANSEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA MANAJERPRODUKSI PT. TLOGOMAS ABADI JAYAENGINEERING PLASTIK INDUSTRI MALANG

SUNCAHYO EDI PRASETYO

Abstract


Adapun langkah-langkah yang digunakan di dalam perhitungan pembebanan biaya overhead pabrik dengan menggunakan model alokasi biaya berbasis aktivitas terdiri atas dua tahap yaitu :
1.Prosedur Tahap Pertama.
Didalam tahap pertama ini, identifikasi aktivitas merupakan salah satu bagian terpenting yang meliputi empat langkah yaitu :
a.Penggolongan Berbagai Aktivitas
Dalam langkah pertama ini akan ditentukan terlebih dahulu aktivitas overhead pabrik. Dimana aktivitas tersebut dapat diklasififikasikan menjadi empat golongan yaitu aktivitas berlevel unit, aktivitas berlevel bacth, aktivitas berlevel produk dan aktivitas berlevel fasilitas.
b.Pengasosiasian Berbagai Biaya Dengan Berbagai Aktivitas
Setelah kita ketahui ketiga macam klasifikasi aktivitas overhead, maka langkah kedua adalah mengasosiasikan atau menghubungkan berbagai jenis biaya overhead pabrik yang terjadi pada PT. Mertex dengan ketiga aktivitas overhead, yang dapat dilihat pada tabel 9, beserta dengan pemakain ukuran konsumsi atau pemicu biaya (cost driver) yang digunakan.

 

Keyword : PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-suncahyoed-1576-Pendahul-n.pdf


Keywords


PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN