EFEKTIVITAS SISTEM PENGANDAIAN MANAJEMEN ATAS FUNGSI PENJUALAN PADA PT MERMAID TEXTILE INDUSTRI INDONESIA MOJOKERTO

CHOIROMA CHOIROMA

Abstract


Kompleksitas dunia usaha menuntut setiap perusahaan untuk beroperasi secara efisien dan efektif sehingga diperoleh nilai dan hasil yang paling baik dari sumber daya yang dimiliki perusahaan. Semakin tinggi tingkat efisiensi dan efektivtas suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula daya saingnya dalam industri yang selanjutnya mampu meningkatkan daya saing dan keberadaannya melalui hasil yang terbaik yang dicapai. Dalam usaha mencapai hasil terbaik, dibutuhkan kemampuan untuk mengelola perusahaan dan menjalankan setiap fungsi manajemen dengan baik.
Oleh karena itu dalam penelitian ini mengambil judul tentang "Efektivitas Sistem Pengendalian Manajemen Atas Fungsi Penjualan Pada PT. Mermaid Textile Industri Indonesia Mojokerto". Sedangkan tujuan dalam penelitian pertama Untuk mengetahui apakah sistem pengendalian manajemen fungsi penjualan sudah efektif. Kedua untuk mengetahui informasi-informasi apa saja yang digunakan untuk menunjukkan tingkat efektivitas atas fungsi penjualan pada PT. "Mermaid Textile Industri Indonesia Mojokerto". Ketiga untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan sistem pengendalian manajemen atas fungsi penjualan pada PT. " Mermaid Textile Industri Indonesia Mojokerto ".
Untuk sifat penelitian adalah bersifat studi kasus, sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh berupa laporan penjualan per-jenis produk, laporan penjualan per daerah, laporan laba rugi, anggaran dan realisasi penjualan, harga jual dan volume penjualan serta sistem dan prosedur penjualan. Selanjutnya tehnik pengumpulan datanya dengan menggunakan dua metode yaitu yang pertama menggunakan studi lapangan berupa interview, dan dokumentasi.
Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yaitu analisis program penjualan, analisis penganggaran penjualan, operasi dan pengukuran penjualan serta pelaopran dan analisis. Sedangkan untuk pembahasan diketahui bahwa apabila dilihat dari tabel anggaran dan realisasi penjualan serta selisih penjualan berdasarkan wilayah penjualan ternyata pada tahun 2000 dan 2002 terdapat ketidak efektifan penjualan yang disebabkan karena oleh nilai an ggaran penjualan ekspor dan anggaran penjualan dalam negeri tidak sama dengan realisasi penjualan yang sesungguhnya, sehingga pada tahun 2000 dan 2002 perusahaan mengalami selisih minus.
Sedangkan pada tahun 2001 perusahaan mempunyai nilai yang efektif, dan efektifitas tersebut dapat dilihat pada perbandingan antara anggaran penjualan dengan realisasi penjualan yang menunjukkan nilai yang positif. .Sedangkan informasi yang dipergunakan untuk mengetahui efektifitas dan tidaknya suatu perusahaan dalam penelitian ini diketahui melalui hasil analisis anggaran penjualan dan realisasi penjualan perwilayah, rasio laba dengan penjualan., laporan kuantitas penjualan pertahun.

Adapun faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan SPM atas fungsi penjualan yang berkenaan dengan pencapaian target yang maksimal telah dijelaskan diatas. Sedangkan strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam mengantisipasi masalah harga yang tidak tercapai dalam proses penjualan yang diakibatkan oleh harga jual yang terlampau tinggi ataupun kadang tidak sesuai dengan permintaan konsumen, adalah dengan menyelaraskan antara harga permintaan konsumen dipasaran dengan harga penjualan perusahaan.
Demikian juga untuk penjualan yang wilayahnya tidak tercapai / terjangkau yang diakibatkan oleh keterbatasan dana untuk transportasi ( biaya pengiriman dsb ) karena perusahaan salah memprediksikan. Strategi yang ditempuh adalah dengan pengenalan wilayah sedetil mungkin dan penalaahan pada unsur-unsur pencapaian wilayah. Sedangkan untuk produk tidak tercapai karena akibat kualitas produksi yang menjadi bahan jadi rusak / mengalami cacat, sehingga banyak dijauhi oleh konsumen, yang tidak lagi percaya pada produk yang diproduksi oleh perusahaan

 

Keyword : SISTEM PENGANDAIAN MANAJEMEN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-choiroma97-1580-Pendahul-n.pdf


Keywords


SISTEM PENGANDAIAN MANAJEMEN