HUBUNGAN LIKUIDITAS KEUANGAN DENGAN TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2000-2001)

DIAN EKAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris tentang hubungan likuiditas keuangan dengan tingkat pfofitabilitas perusahaan (studi empiris perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Jakarta tahun 2000-2001).
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan likuiditas dengan profitabilitas perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Jakarta tahun 2000-2001.
Untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat dipakai pooled regression. Dan untuk mengetahui korelasi antara variabel terikat oleh variabel bebas secara bersama-sama dipakai multiple correlation. Korelasi parsial variabel yang diteliti diketahui dengan metode koefisien korelasi parsial. Uji statistik inferen secara parsial dilakukan dengan t statistik.
Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa cash ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) negatif terhadap margin laba, yaitu sebesar
? 0.245. Current ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) positif terhadap margin laba yaitu sebesar 0.328. Acid test ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) positif terhadap margin laba yaitu sebesar 0.3. Cash ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) positif terhadap return on investment yaitu sebesar 0.143. Current ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation) positif terhadap return on investment yaitu sebesar 0.204. Acid test ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlatio/r) negatif yaitu sebesar ? 0.98. Cash ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) positif terhadap return on equity yaitu sebesar 0.315. Current ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) positif yaitu sebesar 0.570. Acid test ratio mempunyai hubungan parsial (partial correlation/r) negatif terhadap return on equity yaitu sebesar ? 0.365.
Cash ratio pada tingkat signifikasi/ , secara parsial tidak mempunyai hubungan signifikan dengan margin laba, return on investment, dan return on equity. Current ratio pada tingkat signifikasi/ , secara parsial tidak mempunyai hubungan signifikan dengan margin laba dan return on investment, tetapi mempunyai hubungan signifikan return on equity. Dan acid test ratio pada tingkat signifikasi/ , secara parsial tidak mempunyai hubungan signifikan dengan margin laba, return on investment, tetapi mempunyai hubungan signifikan dengan return on equity.

 

Keyword : LIKUIDITAS KEUANGAN; PROFITABILITAS PERUSAHAAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-dianekawat-1589-Pendahul-n.pdf


Keywords


LIKUIDITAS KEUANGAN; PROFITABILITAS PERUSAHAAN