ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANGMEMPENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA( PENDEKATAN PER )

ISA PUJIANTO

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus pada perusahaan tekstil yang listing di BEJ dengan judul ?Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta?.Dalam melakukan suatu investasi, seorang investor harus terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan untuk memaksimalkan tingkat keuntungan atau return atas investasi yang dilakukannya baik itu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penilaian suatu saham pendekatan Price Earning Rasio (PER) banyak digunakan oleh praktisi karena PER diartikan sebagai indikator terhadap prospek pertumbuhan perusahaan, sehingga sering dipakai untuk mengelompokkan saham berdasarkan tingkat pertumbuhan. Saham perusahaan dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi umumnya memiliki PER yang tinggi pula. Sehingga pendekatan PER banyak digunakan oleh praktisi dalam melakukan penilaian terhadap harga saham. Tujuan analisis ini seberapa besar dan yang paling dominan pengaruhnya, faktor fundamental seperti Leverage Ratio, Return On Equity dan Devidend Payout Ratio terhadap penilaian harga saham yang diwakili oleh PER.
Analisis yang dihasilkan dari penelitian ini secara parsial mempunyai pengaruh yang bermakna (signifikan) terhadap PER yaitu variabel ROE dan DPR. Sedangkan variabel LR tidak signifikan artinya hutang yang tinggi dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan, maka LR tidak dijadikan pertimbangan utama dalam investasi. Dan secara silmutan mempunyai pengaruh yang bermakna.terhadap PER disebabkan investor memperhatikan ketiga variabel tersebut dalam melakukan investasi dalam saham. Faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham yang dalam penelitian ini diwakili oleh PER adalah DPR, semakin besar DPR suatu perusahaan maka semakin besar minat investor untuk melakukan investasi diperusahaan tersebut, sehingga harapan investor akan tingkat pengembaliannya yang lebih besar melalui deviden dapat terwujud.
Jadi selain faktor fundamental investor juga harus memperhatikan faktor politik, ekonomi dan sosial suatu negara disamping faktor teknisnya. Karena kinerja perusahaan yang sehat perlu dukungan dari kondisi ekonomi dan politik yang baik. Baik dan sehatnya kinerja perusahaan maka investor tidak akan ragu dalam mengambil keputusan investasinya, serta yakin akan jaminan perlindungan atas keamanan modalnya serta mendapat return yang diinginkan berupa deviden dan capital gain atas saham yang dimilikinya.

 

Keyword : HARGA SAHAM; PERUSAHAAN MANUFAKTUR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-isapujiant-1592-Pendahul-n.pdf


Keywords


HARGA SAHAM; PERUSAHAAN MANUFAKTUR