PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI INVESTOR(Studi Kasus Pada Perusahaan High Profile yang listing di BEJ)

Puguh Siswanto Adi

Abstract


Penelitian kali ini merupakan studi kasus pada perusahaan high profile yang listing di BEJ dengan judul ?Pengaruh Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan terhadap Reaksi Investor?. Hasil Penelitian di negara-negara yang sudah maju membuktikan bahwa investor cenderung menanamkan modalnya kepada perusahaan yang memiliki kepedulian dan mempunyai standar tinggi terhadap masalah sosial dan lingkungan hidup.Dan laporan keuangan merupakan suatu media potensial yang mampu mengakomodasi kepentingan para investor dan pihak-pihak yang berkepentingan kepada perusahaan (stakeholder) dengan cara menampilkan pertanggungjawaban sosialnya,yang nantinya mempu menampilkan perfomance perusahaan secara lengkap.
Dan dari hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh pengungkapan sosial terhadap reaksi investor (dalam hal ini digambarkan dengan volume perdagangan diluar normal) kurang signifikan. Hal tersebut terlihat dari uji F,dimana F hitung< F tabel. Dan juga pada koefisien determinasi yang bertujuan untuk mengetahui konstribusi volume perdagangan diluar normal sebesar 0,9% dan sisanya 99,1% ditentukan oleh variabel lainya yang tidak termasuk dalam penelitian. Juga pada uji T ,dimana T hitung< T Tabel,sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga mengindikasikan bahwa investor kurang merespon informasi sosial yang disjikan dalam laporan tahunan. Namun bila dilihat dari angka korelasi yang positif mengindikasikan pengungkapan sosial dalam laporan tahunan direspon oleh investor sebagai informasi yang positif dan yang patut juga diperhatikan bahwa hampir semua perusahaan sampel melampirkan pertanggungjawaban sosialnya dalam laporan tahunanya.

 

Keyword : LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN,REAKSI INVESTOR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-puguhsiswa-1593-Pendahul-n.pdf


Keywords


LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN; REAKSI INVESTOR