ALTERNATIF PEMBERIAN IMBALAN DALAM BENTUK NATURA KEPADA KARYAWAN DALAM RANGKA PENGHEMATAN PPH BADANSTUDI PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA PATAL CILACAP

WIDIYATNO WIDIYATNO

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penerapan alternatif pemberian imbalan kepada karyawan sebagai efisiensi pembayaran pajak penghasilan pada PT. Industri Sandang Nusantara dan untuk memahami sistem perpajakan yang berlaku untuk mengetahui perbedaan perhitungan biaya menurut UU Pajak Penghasilan, SAK dan setelah adanya pemberian alternatif pemberian imbalan
Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis yang bersifat deskriptif kuantitatif yaitu data yang berhubungan dengan efektisitas perusahaan dalam menjalankan usahanya dalam memberikan gambaran menurut apa adanya sesuai dengan kenyataan pada saat melakukan penelitian. Dalam penelitian ini penulis menganalisis perbedaan perhitungan pendapatan dan biaya sebelum dan sesudah menggunakan alternatif pemberian imbalan. Kemudian disertakan juga hal-hal yang bisa dijadikan alternatif pemberian imbalan. Alternatif pemberian imbalan ini sebagai evaluasi apakah pembayaran pajak perusahaan sudah efisien dan dalam rangka upaya mengefisienkan pembayaran pajak yang terutang.
Hasil perhitungan analisis diperoleh pajak yang harus dibayarkan yaitu menurut akuntansi komersial Rp. 1.110.919.004,- dan pajak menurut laporan keuangan fiskal adalah Rp. 1.016.739.879,- dan setelah adanya alternatif pemberian imbalan pajak yang dibayarkan sebesar Rp. 858.100.517,- Perbedaan pajak terutang itu disebabkan karena adanya perbedaan tetap dan perbedaan waktu antara PSAK dan UU perpajakan yang berlaku.
Berdasarkan kesimpulan diatas pemberian alternatif imbalan kepada karyawan terhadap biaya yang bisa dijadikan beban bisa mengurangi atau membuat pajak terutang lebih efisien.Penulis menyimpulkan bahwa sebaiknya perusahaan untuk mengefisienkan pembayaran pajaknya sebaiknya perusahaan melakukan penggolongan kembali pendapatan dan beban yang boleh diakui oleh pihak perpajakan sebagai upaya meminimalkan pajak terutang.Salah satunya yaitu dengan menggunakan alternatif pemberian imbalan sebagai salah hal dalam merencanakan pembayaran pajaknya.

 

Keyword : ALTERNATIF PEMBERIAN IMBALAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-widiyatno9-1597-Pendahul-n.pdf


Keywords


ALTERNATIF PEMBERIAN IMBALAN