EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS PADA PT. INKOR BOLA PACIFIC PASURUAN

LUTFI ARIFUDIN

Abstract


Penelitian ini bersifat deskriptif dengan judul ?EVALUSI PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS PADA PT. INKOR BOLA PACIFIC PASURUAN?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengendalian biaya produksi yang telah dilaksanakan sudah dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian untuk mencari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi antara realisasi dengan anggaran biaya produksi, analisis perhitungan efisiensi untuk membuktikan apakah operasi perusahaan sudah efisien dan analisis perhitungan produktivitas untuk menganalisa dan mendorong efisiensi produksi.
Hasil perhitungan dengan analisis varian untuk tahun 2000 dan 2001 adalah masih terjadi selisih yang diakibatkan adanya kenaikan harga bahan baku dan pemberian upah tenaga kerja meningkat karena adanya jam lembur yang diakibatkan adanya mesin-mesin yang sudah tidak layak digunakan secara maksimal sesuai jam kerja sesungguhnya. Analisis perhitungan efisiensi untuk tahun 2000 dan 2001 dapat diketahui bahwa biaya produksi sesungguhnya tidak efisien jika dibandingkan dengan biaya produksi standar, karena dengan input yang sama jumlah produksi yang mampu diproduksi perusahaan lebih kecil dari pada jumlah produk yang seharusnya diproduksi. Analisis perhitungan produktivitas dapat diketahui bahwa tingkat produktivitas tahun 2000 lebih baik dibandingkan dengan tingkat produktivitas tahun 2001 karena adanya penggunaan mesin-mesin yang sudah tidak layak digunakan sesuai jam kerja sesungguhnya.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat mengimplementasikan bahwa sebaiknya perusahaan dalam memesan bahan baku tidak tergantung pada satu suplier agar perusahaan dapat memilih dan mengontrol harga bahan baku, dan perusahaan perlu mempertimbangkan untuk mengganti mesin-mesin yang lama agar pemberian upah tenaga kerja tidak meningkat karena adanya jam lembur yang disebabkan adanya mesin-mesin yang sudah tidak layak digunakan secara maksimal sesuai jam kerja yang sesungguhnya.

 


Keyword : PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/33/jiptummpp-gdl-s1-2004-lutfiarifu-1613-Pendahul-n.pdf


Keywords


PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI