ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS PADA PT. ROTHMANS OF PALL MALL INDONESIA MALANG

ISFURIA RACHMAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan rokok PT. Rothmans of Pall Mall Indonesia Malang dengan judul ?Analisis Pengendalian Biaya Kualitas Pada PT. Rothmans of Pall Mall Indonesia Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai landasan untuk pengukuran dan perkembanagn kinerja perusahaan sebagai landasan untuk pengukuran dan pelaporan biaya kualitas, mengetahui usaha perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk perusahaan dalam melakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas, dan untuk melihat usaha perusahaan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas produk perusahaan guna mengendalikan biaya kualitas.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengendalian biaya kualitas dengan menggunakan pengukuran prosentase biaya kualitas terhadap penjualan dan prosentase biaya kualitas parsial terhadap biaya kualitas total.
Hasil perhitungan dengan menggunakan pengukuran prosentase biaya kualitas terhadap penjualan pada periode yang bersangkutan sebesar 2,58%, 1,86%, dan 1,48% pada periode 2000-2002. Sedangkan hasil pengukuran dengan menggunakan prosentase biaya kualitas parsial terhadap biaya kualitas total adalah bahwa biaya kualitas pada tahun 2000 ke tahun 2002 mengalami perubahan prosentase yaitu meningkatnya prosesntase biaya pencegahan dan biaya penilaian dengan diikuti semakin menurunnya biaya kegagalan.
Dari analisis tersebut, maka pengendalian biaya kualitas di perusahaan untuk periode 2002-2002 telah berhasil dicapai perusahaan karena prosentase biaya kualitas terhadap penjualan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Dilihat dari data kualitas terdapat adanya perkembangan dalam hal penanganan kualitas diperusahaan, hal ini berarti perusahaan telah melakukan peningkatan terhadap pengembangan kualitas.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Rothmans lebih mempertahankan hasil yang telah dicapai selama ini agar program pengendalian biaya kualitas sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan.

 

Keyword : PENGENDALIAN BIAYA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/34/jiptummpp-gdl-s1-2005-isfuriarac-1695-Pendahul-n.pdf


Keywords


PENGENDALIAN BIAYA