AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA HOTEL HERLINGGA JAYA BLITAR

ANANG TEGUH SUGIHARTO

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif pada Hotel Herlingga Jaya Blitar dengan judul ? Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Pada Hotel Herlingga Jaya Blitar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian manajemen perlu dan layak untuk dilaksanakan serta untuk lebih memahami peranan dari sistem akuntansi pertanggungjawaban dalam memenuhi kebutuhan manajemen serta peranannya sebagai alat ukur prestasi manajer, sehingga dapat sebagai bahan pertimbangan dalam mengendalikan aktivitas perusahaan atas masalah yang dihadapi dimasa yang akan datang .
Alat analisa yang digunakan dengan jalan menganalisis struktur organisasi dan deskripsi jabatan, daftar tenaga kerja atau karyawan menurut fungsi operasional dan perhitungan laba rugi per 31 desember 2000,2001, 2002.
Dari analisa yang dilakukan struktur organisasi dan pembagian tugas yang ada telah memenuhi persyaratan untuk diterapkannya akuntansi pertanggungjawaban. Struktur organisasi tersebut telah menampakkan pemisahan wewenang dan tanggungjawab secara tegas tiap tingkatan manajemen, tetapi masih ada yang kurang sesuai dengan penerapan akuntansi pertanggungjawaban yaitu tidak adanya pengklasifikasian struktur organisasi dilihat dari pusat-pusat pertanggungjawaban baik itu dari pusat pendapatan, pusat biaya, pusat laba, pusat investasi dan juga pada proses pengendalian terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. Melihat fenomena diatas, maka perusahaan dengan sistem akuntansi yang ada dapat memperbaiki dengan jalan mengembalikan fungsi-fungsi bagian sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam struktur oragnisasi dan adanya pengklasifikasian struktur organisasi dari pusat-pusat pertanggungjawaban. Untuk proses pengendalian harus meningkatkan fungsi akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian manajemen dengan memperhatikan syarat-syarat pokok dari sistem akuntansi pertanggungjawaban.
Dari hasil pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa akuntansi pertanggungjawban sebagai alat pengendalian manajemen sudah dilakukan dengan baik tapi disarankan agar kekurangan yang terjadi harus selalu diperhatikan dengan jalan lebih meningkatkan fungsi akuntansi pertanggungjawabannya secara maksimal.
This research was descriptive study of Herlingga Jaya Hotel, Blitar entitled ?Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen di Hotel Herlingga Jaya Blitar.

 

Keyword : PENGENDALIAN MANAJEMEN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/32/jiptummpp-gdl-s1-2004-anangteguh-1583-Pendahul-n.pdf


Keywords


PENGENDALIAN MANAJEMEN