EVALUASI ATAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP TAGIHAN PIUTANG JASA TELEKOMUNIKASI PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, KANCATEL NGANJUK

Dias Kuswidya

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kancatel Nganjuk dengan judul ? Evaluasi Atas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Tagihan Piutang Jasa Telekomunikasi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kancatel Nganjuk ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern terhadap tagihan piutang jasa telekomunikasi pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kancatel Nganjuk.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber data sekunder, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan menggambarkan unsur- unsur sistem pengendalian intern terhadap tagihan piutang jasa serta melakukan evaluasi terhadap unsur- unsur sistem pengendalian intern yang baik.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa PT. Telkom Cabang Nganjuk telah menerapkan sistem pengendalian intern dengan baik Akan tetapi masih terdapat kelemahan pada sistem wewenang dan prosedur pencatatan, yaitu adanya kesalahan pemasukan data dan pengoperasian data, sehingga perlu ketelitian dan keahlian di bidangnya agar dalam penginputan data tidak terjadi kesalahan. Serta adanya kesengajaan dari pelanggan yang mengabaikan tagihan rekening telepon, maka perusahaan membuatkan daftar reminding letter dan reminding call sebagai pengendalian intern perusahaan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti memberikan saran, yaitu sebaiknya pihak perusahaan lebih memperhatikan pada peningkatan kualitas karyawan yang benar- benar menguasai sistem untuk menghindari kesalahan. Dan perusahaan lebih tegas dalam melakukan isolir telepon pada pelanggan yang tidak melunasi pembayaran jika melebihi batas waktu yang ditentukan.

 

Keyword : SISTEM PENGENDALIAN INTERN; TAGIHAN PIUTANG JASA TELEKOMUNIKASI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/76/jiptummpp-gdl-s1-2005-diaskuswid-3762-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


SISTEM PENGENDALIAN INTERN; TAGIHAN PIUTANG JASA TELEKOMUNIKASI