ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN KAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFISIENSI PENGELOLAAN KAS PADA CV. DIANA BHAKTI BALIKPAPAN

ANDRIANI ANDRIANI

Abstract


Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang bersifat studi kasus yang dilakukan di CV. DIANA BHAKTI Balikpapan dengan mengambil judul : ?Analisis Sumber Dan Penggunaan Kas Dalam Rangka Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Kas (Studi Pada CV. Diana Bhakti Balikpapan)?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kas yang diterapkan pada CV. Diana Bhakti Balikpapan dan mengadakan evaluasi atas pengelolaan dan pemanfaatan kas, untuk mengetahui efisien tidaknya pengelolaan kas pada perusahaan tersebut.
Analisis yang digunakan dalam mengadakan penelitian ini adalah analisis sumber dan penggunaan kas. Analisis ini dibuat agar perusahaan dapat mengetahui apakah penggunaan kasnya sudah dibiayai dari sumber yang tepat atau belum sehingga efisiensi pengelolaan kas dapat tercapai.
Dari hasil analisis sumber dan penggunaan kas dapat diketahui adanya kenaikan kas untuk tahun 2001 dan 2003 yang berarti bahwa pengelolaan kas yang dilakukan oleh perusahaan sudah cukup efisien. Sedangkan untuk tahun 2000 dan 2002 terjadi penurunan kas yang berarti bahwa perusahaan kurang efisien dalam mengelola kasnya.
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplementasikan bahwa sebaiknya perusahaan harus bisa menerapkan sumber dan penggunaan kas untuk menilai kinerja operasional. Karena dengan menerapkan analisis sumber dan penggunaan kas, perusahaan dapat mengetahui posisi kas yang dimiliki perusahaan selama satu periode.

 

Keyword : ANALISIS; EFISIENSI PENGELOLAAN KAS

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/76/jiptummpp-gdl-s1-2005-andriani01-3764-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


ANALISIS; EFISIENSI PENGELOLAAN KAS