ANALISIS DAMPAK PENGUMUMAN MERGER (AKUISISI) TERHADAP VARIABILITAS TINGKAT KEUNTUNGAN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM

Wahyu Udi Asih

Abstract


Strategi merger (akuisisi) diakui merupakan strategi eksternal yang baik dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Disamping itu keunggulan dari strategi ini adalah memperoleh keuntungan sinergi untuk menunjang operasi perusahaan untuk menjadi satu kekuatan untuk memperkuat posisi perusahaan. Reaksi pasar terhadap pengumuman merger (akuisisi) yaitu dengan adanya perubahan harga dan volume saham pada pasar modal. Sebagai salah satu alternatif pendanaan jangka panjang, pasar modal telah mengalami perkembangan yang sangat cepat.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman merger (akuisisi). Metode penarikan sampel yang digunakan adalah perposive sampling. Penelitian ini merupakan studi peristiwa untuk menghitung abnormal return dalam merespon terhadap pengumuman merger (akuisisi). Abnormal return dihitung dengan pendekatan market model.
Berdasarkan analisis di atas, diperoleh bahwa dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari periode pengamatan 20 hari dan pengamatan 120 hari seputar pengumuman, ternyata pengumuman merger (akuisisi) dapat memberikan sinyal yang positif pada periode pengamatan selama 120 hari, pada periode ini didapatkan hasil bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara periode 60 hari sebelum dan sesudah pengumuman merger (akuisisi) diukur dengan TVA.

 

Keyword : MERGER (AKUISISI); VARIABILITAS

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/84/jiptummpp-gdl-s1-2005-wahyuudias-4166-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


MERGER (AKUISISI); VARIABILITAS