AUDIT OPERASIONAL TERHADAP FUNGSI PENJUALAN UNTUK MENGUKUR EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PADA HOTEL PELANGI MALANG

Lilis Suhijahwatiningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Hotel Pelangi yang berlokasi di Malang, dengan judul ?Audit Operasional terhadap Fungsi Penjualan untuk Mengukur Efisiensi dan Efektivitas pada Hotel Pelangi Malang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar tingkat efektivitas dan tingkat efisiensi fungsi penjualan pada Hotel Pelangi Malang.
Analisa yang digunakan untuk mengukur efektivitas penjualan kamar dengan menggunakan analisa rasio operasi meliputi persentase tingkat hunian (occupancy percentage), persentase tingkat hunian ganda (double occupancy percentage), tarif rata-rata per kamar terjual (average rate per room occupied), tarif rata-rata per tamu (average rate per guest), rata-rata lama tinggal (average length of stay). Dari hasil analisa rasio operasi diketahu dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2004 mengalami fluktuasi dan dapat dikatakan bahwa tingkat efektivitas penjualan kamar cenderung tidak efektif. Sedangkan untuk mengukur tingkat efektivitas penjualan food & beverage dengan menggunakan analisa varian. Dari hasil analisa varian, diketahui bahwa anggaran penjualan tahun 2004 tidak dapat terealisasi sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat efektivitas penjualan food & beverage tidak efektif.
Analisa yang digunakan untuk mengukur efisiensi penjualan kamar dan food & beverage dengan menggunakan analisa rasio keuangan yaitu rasio beban penjualan dibanding hasil penjualan. Dari hasil rasio beban penjualan dibanding hasil penjualan untuk penjualan kamar dari tahun ketahun mengalami penurunan, sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat efisiensi penjualan sudah efisien. Sedangkan untuk penjualan food & beverage dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi dan dapat dikatakan bahwa tingkat efisiensi penjualan food & beverage cenderung tidak efisien.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan rekomendasi sebagai berikut :
1.Dalam membuat anggaran penjualan manajer pemasaran dan penjualan harus memperhatikan keadaan pesaing dan melakukan riset pasar.
2.Hotel Pelangi sebaiknya menambah kerjasama dengan agen wisata dan agen travel.
3.Hotel Pelangi sebaiknya menambah promosi.
4.Hotel Pelangi harus mampu menjaga dan memperbaiki kualitas produk.
5.Hotel Pelangi sebaiknya dapat menekan biaya-biaya.

 

Keyword : AUDIT OPERASIONAL; EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS; HOTEL PELANGI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/84/jiptummpp-gdl-s1-2005-lilissuhij-4175-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


AUDIT OPERASIONAL; EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS; HOTEL PELANGI