PEMERIKSAAN MANAJEMEN TERHADAP FUNGSI PENJUALAN UNTUK MENILAI TINGKAT EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS USAHA PADA PERUSAHAAN TENUN PELANGI KEC. LAWANG KAB. MALANG

Helmi Nafikah

Abstract


Penelitian ini bersifat studi kasus dengan obyek penelitian di Perusahaan Tenun Pelangi dan mengambil judul ?Pemeriksaan Manajemen Terhadap Fungsi Penjualan Untuk Menilai Tingkat Efisiensi Dan Efektifitas Usaha?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efisiensi dan efektifitas fungsi penjualan bila didasarkan pada tahap-tahap pemeriksaan manajemen. Serta untuk mengetahui cara dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas fungsi penjualan bagi perusahaan.
Alat analisa yang digunakan untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas pada fungsi penjualan di Perusahaan Tenun Pelangi yaitu menggunakan alat analisis efisiensi dan analisis efektifitas, dimana analisis ini bertujuan untuk menilai sejauh mana rencana penjualan yang telah disusun dapat tercapai. Adapun pendekatan yang digunakan adalah analisis varian (selisih).
Pemeriksaan manajemen ini dilakukan melalui lima tahap yaitu : tahap pendahuluan, tahap penelitian lapangan, tahap program pemeriksaan, tahap pelaksanaan program, dan tahap pelaporan dan tindak lanjut.
Dari hasil analisis diketahui bahwa Perusahaan Tenun Pelangi sudah efisien tetapi belum efektif dalam melakukan penjualan. Berdasarkan kesimpulan peneliti dapat menyarankan bahwa perusahaan sebaiknya mempertahankan apa yang telah dicapai selama ini dalam kegiatan penjualannya. Selain itu perusahaan perlu meningkatkan kegitan promosinya demi kelancaran perusahaan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan lagi yaitu saluran distribusinya, lebih ditingkatkan lagi dari apa yang telah ada selama ini. Dengan begitu perusahaan akan mengalami kemajuan dalam memasarkan produknya.

 

Keyword : Manajemen; Penjualan; Efisiensi; Efektifitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/89/jiptummpp-gdl-s1-2005-helminafik-4422-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Manajemen; Penjualan; Efisiensi; Efektifitas