EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP FUNGSI PENJUALAN PADA PT. TULUS TRI TUNGGAL SURABAYA

Agung Nugroho

Abstract


Penjualan merupakan salah satu aktivitas perusahaan yang harus dikelola dengan baik karena penjualan adalah ujung tombak bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya yaitu memperoleh laba yang maksimal. Agar pengelolaan penjualan dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan sistem pengendalian yang baik.
Dengan bertolak dari pemikiran tersebut diatas maka penulis jadikan dasar untuk mengambil judul :
?SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP FUNGSI PENJUALAN PADA PT. TULUS TRI TUNGGAL ? SURABAYA?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif karena dimaksudkan untuk menggambarkan situasi atau kejadian yang terjadi diperusahaan, yaitu PT. Tulus Tri Tunggal Surabaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian dari pengelolaan penjualan yang dilaksanakan oleh perusahaan agar dapat memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan.
Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memantau aktivitas atau pelaksanaan operasi yang ada dalam perusahaan melalui serangkaian tahapan yang sistematis guna mencapai tujuan perusahaan dan juga berguna untuk tindakan koreksi lebih lanjut.
Dalam penelitian ini penulis mengukur prestasi yang dicapai oleh manajemen dengan menerapkan analisis variance, dalam analisis ini penulis dapat membandingkan antara target dan realisasi penjualan. Apabila realisasi penjualan dapat melampaui target yang ditetapkan maka dapat dikatakan prestasi yang dicapai oleh pihak manajemen penjualan sudah baik.
Dari kesimpulan diatas maka penulis dapat mengimplikasikan bahwa dalam penerapan sistem pengendalian manajemen penjualan dibutuhkan suatu pengendalian intern yang baik, oleh karena itu ketetapan terhadap sistem pengendalian penjualan yang baik harus diperhatikan.
Selain itu untuk memperlancar kegiatan penjualan, perusahaan diharapkan mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar mereka tidak mudah beralih kepada produsen lain.

 

Keyword : sistem pengendalian menejemen

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/89/jiptummpp-gdl-s1-2005-agungnugro-4425-Pendahul-n.pdf


Keywords


sistem pengendalian menejemen