ANALISIS BIAYA LINGKUNGAN STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KEPANJEN KABUPATEN MALANG

RINI SULISTYOWATI

Abstract


Permasalahan lingkungan hidup mulai diperhitungkan sebagai aspek penting bagi dunia bisnis. Hal ini dibuktikan dengan pertemuan puncak bumi di Rio De Janeiro tahun 1992 yang menghasilkan kesepakatan berupa, menempatkan dunia bisnis sebagai salah satu sektor yang bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan dan masih banyak perusahaan yang mengabaikan kelestarian lingkungan dengan membuang sampah dan limbah tanpa diolah terlebih dahulu. Dari uraian diatas maka penulis mengambil judul : Analisis Biaya Lingkungan serta Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum daerah Kepanjen.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menilai kepedulian Rumah Sakit Umum Daerah Kepanjen terhadap lingkungan, khususnya pada perlakuan akuntansi lingkungan dan bagaimana penyajiaanya dalam laporan keuangan Teknik analisis data yang dipergunakan adalah metode dekriptif kuantitatif yaitu mengumpulkan dan mengidentifikasi serta menganalisis suatu rangkaian dengan keadaan yang sesungguhnya.
Hasil analisis data diatas adalah adanya akumulasi penyusutan pada mesin pengolah limbah padat maupun limbah cair. Akumulasi penyusutan ditujukan untuk Mengurangi kerugian yang diakibatkan adanya kerusakan pada mesin. Disamping itu adanya pemisahan rekening prasarana dan sarana umum ke dalam rekening inventaris peralatan dan mesin untuk mesin pengolah limbah. Pengakuan pendapatan atas pengolahan sampah infeksius di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Kepanjen sehingga akan menambah kontribusi hasil usaha rumah sakit.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat menyarankan bahwa sebaiknya rumah sakit menerapkan akuntansi lingkungan dalam penyusunan laporan keuangan. Akuntansi lingkungan merupakan kebutuhan yang sangat mendesak untuk segera diterapkan walaupun belum ada standar akuntansi keuangan yang mengatur secara tegas tentang akuntansi lingkungan. Dengan diterapkannya akuntansi lingkungan maka Rumah Sakit Umum Daerah Kepanjen dapat menjelaskan kepada pihak luar terutama kepada pemakai laporan keuangan sehingga dapat melihat tentang kepedulian rumah sakit terhadap lingkungan. Sesuai dengan Peraturan Menkes RI No. 986/Menkes/Per/1992 tentang persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit maka pihak rumah sakit akan mendapat citra positif dari masyarakat

 

Keyword : ANALISIS BIAYA LINGKUNGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/90/jiptummpp-gdl-s1-2005-rinisulist-4470-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISIS BIAYA LINGKUNGAN