ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JOMBANG

Aris Ardiantoro

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem informasi akuntansi pembelian obat, dan menganalisis pengendalian intern pembelian obat.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif atau non statistik yang bersifat melukiskan atau menggambarkan secara tepat suatu keadaan atau fenomena. Untuk memperoleh gambaran yang jelas, maka data yang diperoleh dianalisis dengan dua pendekatan yaitu analisis sistem informasi akuntansi (analisis masukan, analisis proses, analisis keluaran) dan analisis sistem pengendalian intern.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pembelian persediaan obat pada instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Jombang, secara umum telah menghasilkan informasi yang memadai bagi bagi pihak Rumah Sakit dalam perencanaan dan pengambilan keputusan dalam pembelian persediaan obat. Dilihat dari alir sistem pengadaan persediaan, bahwa sebagian besar sistem telah sesuai dengan persyaratan sistem pengadaan persediaan, yaitu terdapatnya unit kerja, fungsi permintaan pembelian, fungsi pembelian, fungsi penerimaan, fungsi penyimpanan, fungsi pencatatan utang, dan fungsi potongan pembelian. Tetapi bila dilihat lebih teliti lagi masih ada kelemahan-kelemahan yang harus diperbaiki lagi dalam sistem pembelian persediaan, agar lebih sempurna lagi.

 

Keyword : sistem informasi akuntansi; pembelian; persediaan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/90/jiptummpp-gdl-s1-2005-arisardian-4475-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


sistem informasi akuntansi; pembelian; persediaan