IMPLEMENTASI TAX PLANNING SEBAGAI UPAYA PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN TERUTANG BADAN PADA PT. GANDUM MALANG

Trisnawati Trisnawati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Rokok PT. GANDUM Malang dengan judul ?Implementasi Tax Planning Sebagai Upaya Penghematan Pajak Penghasilan Terutang Badan Pada PT. Gandum Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pajak (tax planning) yang dilakukan perusahaan untuk meminimalkan pembayaran pajak penghasilan terutang berdasarkan ketentuan Undang-undang Perpajakan Tahun 2000 dan untuk mengetahui besarnya penghematan pajak setelah dilakukan perencanaan pajak (tax planning).
Tahap analisis yang digunakan untuk melakukan perencanaan pajak adalah dengan mengidentifikasi peluang-peluang aturan yang dapat memaksimalkan penghasilan yang dikecualikan dan yang bukan obyek pajak serta dengan mengidentifikasi peluang-peluang aturan yang dapat memaksimalkan biaya-biaya fiskal.
Hasil dari analisis yang dilakukan bahwa perencanaan pajak yang telah dilakukan oleh PT. Gandum selama ini masih belum optimal dan hal ini terbukti dengan masih adanya biaya-biaya yang terkena koreksi fiskal positif. Hasil dari perhitungan yang dilakukan melalui tahap analisis tersebut menunjukkan bahwa dengan dilakukan tax planning maka PT. Gandum dapat melakukan penghematan kas untuk membayar Pajak Penghasilan yang terutang sebesar Rp. 1.926.923.180,- yang sebelumnya Pajak Penghasilan Terutang sebesar Rp. 1.983.377.180,- sehingga penghematan pajak yang bisa dilakukan sebesar Rp. 56.454.000,-.
Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa peranan perencanaan pajak mencakup hal-hal bagaimana meminimalkan beban pajak dengan cara memaksimalkan biaya-biaya fiskal sebagai pengurang dari pendapatan serta memaksimalkan penghasilan yang dikecualikan dan yang bukan obyek pajak, sehingga semakin besar biaya fiskal maka akan semakin kecil laba kena pajak dan penurunan laba kena pajak ini akan mempengaruhi jumlah pajak penghasilan yang terutang menjadi lebih kecil dan efisien.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan jika penghasilan karyawan di bawah PTKP sebaikya PT. Gandum Malang mengganti biaya-biaya yang diberikan dalam bentuk natura dan kenikmatan menjadi biaya tunjangan yang diberikan dalam bentuk uang sehingga bagi karyawan merupakan penghasilan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto perusahaan.

 

Keyword : TAX PLANNING; PENGHEMATAN PAJAK; PENGHASILAN TERUTANG

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/90/jiptummpp-gdl-s1-2005-trisnawati-4476-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


TAX PLANNING; PENGHEMATAN PAJAK; PENGHASILAN TERUTANG