PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA MANAJEMEN PADA INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

DHIAN SANTI NURANI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada instalasi rawat inap RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dengan judul ?Penerapan Balanced Scorecard sebagai tolok ukur kinerja manajemen pada instalasi rawat inap di RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Balanced Scorecard sebagai tolok ukur kinerja instalasi rawat inap RSUD Dr. Saiful Anwar dan untuk mengetahui kinerja instalasi rawat inap RSUD Dr. Saiful Anwar bila dinilai dengan metode Balanced Scorecard.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Balanced Scorecard, yang terdiri dari empat perspektif diantaranya perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan.
Indikator yang digunakan dalam perspektif keuangan menggunakan Growth Rate yang didukung dengan data tarif pelayanan, perspektif pelanggan menggunakan Customer Satisfaction dan Customer Aquisition, perspektif proses bisnis internal menggunakan ALOS (Average Length Of Stay), BOR (Bed Occupancy Rate), TOI (Turn Over Interval), dan BTO (Bed Turn Over), perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan Employee Retention, dan Employee Training Rate.
Hasil Perhitungan analisis dapat diketahui bahwa kinerja perspektif keuangan kurang baik karena tingkat Growth Rate menurun sebesar 6,54 % padahal tarif layanan tetap, kinerja perspektif pelanggan sangat baik karena mampu meningkatkan nilai Customer Satisfaction sebesar 0,49 % dan mampu meningkatkan jumlah pasien sebesar 1.634 pasien, pespektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang baik namun belum mencapai standar yang ditetapkan, dan perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja yang baik karena mampu menurunkan nilai Employee Retention sebesar 0,75 % dan mampu meningkatkan nilai Employee Training Rate sebesar 1, 25 %
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan kinerja instalasi rawat inap RSUD Dr. Saiful Anwar adalah baik dan peneliti mensarankan bahwa sebaiknya instalasi rawat inap RSUD Dr. Saiful Anwar Malang sebaiknya menggunakan Balanced Scorecard untuk menilai kinerjanya. Dari hasil yang sudah dicapai sebaiknya instalasi rawat inap RSUD Dr. Saiful Anwar benar-benar memperhatikan, mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya.

 

Keyword : Balanced Scorecard; Pengukuran Kinerja Manajemen

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/90/jiptummpp-gdl-s1-2005-dhiansanti-4477-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Balanced Scorecard; Pengukuran Kinerja Manajemen