PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT YANG TEPAT SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMINIMALISASI RESIKO KREDIT BERMASALAH PADA BPR CAHAYA BUMI ARTHA WLINGI-BLITAR

RENDRA DWI SANTOSO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi dengan judul ?Prosedur Pemberian Kredit Yang Tepat Sebagai Upaya Untuk Meminimalisasi Resiko Kredit Bermasalah pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji prosedur pemberian kredit yang tepat pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi dan mengkaji keberhasilan prosedur pemberian kredit yang tepat pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi dalam meminimalisasi resiko kredit bermasalah.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang meliputi analisis prosedur pemberian kredit pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi, yaitu dengan menjelaskan bagan alir penyaluran kredit pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi, serta membuat prosedur pemberian kredit yang tepat.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam prosedur pemberian kredit pada BPR Cahaya Bumi Artha Wlingi masih terdapat kekurangan bagian ? bagian penting yang terkait dalam prosedur. Dari kekurangan bagian tersebut, peneliti membuat pemecahan praktis dengan membuat bagan alur pemberian kredit yang tepat sebagai upaya untuk meminimalisasi resiko kredit bermasalah.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti menyarankan bahwa kelengkapan bagian dalam pemberian kredit merupakan hal yang paling penting untuk meminimalisasi resiko kredit bermasalah.

 

Keyword : KREDIT; MEMINIMALISASI; BERMASALAH

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/90/jiptummpp-gdl-s1-2005-rendradwis-4479-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


KREDIT; MEMINIMALISASI; BERMASALAH