Department of Accounting, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PENERAPAN SISTEM DAN PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH SEBAGAI SARANA PENUNJANG EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK DAERAH DI KABUPATEN MAGETAN

Erna Setyawan

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Magetan, dengan judul ? Penerapan Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Daerah Sebagai Sarana Penunjang Efektivitas Penerimaan Pajak Daerah Di Kabupaten Magetan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah di Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Magetan: serta untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas sistem dan prosedur pajak daerah di Kabupaten Magetan.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah di DISPENDA Kabupaten Magetan adalah ditinjau dari Sistem Pengendalian Intern (SPI), yang terdiri dari: analisis struktur organisasi DISPENDA Kabupaten Magetan, analisis pelaksanaan sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah, analisis praktek yang sehat, analisis pegawai yang kompeten; dan untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas sistem dan prosedur pajak daerah adalah dengan menganalisis target dan realisasi penerimaan pajak daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) periode tahun 2001-2004.
Hasil analisis dengan pendekatan SPI adalah struktur organisasi fungsional yang diterapkan berdasarkan fungsi-fungsi pokok organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Sistem pemungutan pajak adalah self assessment system, dimana wajib pajak melakukan sendiri pembayaran pajak mulai dari pendaftaran sampai dengan penyetoran. Dispenda Magetan sudah melaksanakan praktek yang sehat. Kelemahan SPI dalam Dispenda Magetan terdapat pada pegawai yang kompeten. Ini dikarenakan masih banyakanya pegawai yang berijazah SD, SLTP, SLTA serta tidak adanya pegawai lulusan Sarjana Ekonomi Akuntansi. Sedangkan target dan realisasi penerimaan pajak daerah dan PAD dari tahun 2001-2004 berfluktuasi, tetapi sudah bisa dikatakan efektif karena realisasi penerimaan melebihi dari yang ditargetkan yaitu di atas 100%.
Dari hasil analisis SPI dan analisis target dan realisasi penerimaan pajak daerah dan PAD di Dispenda Magetan dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah sudah efektif. Meskipun target dan realisasi rata-rata penerimaan pajak daerah dari tahun 2001-2004 sbesar 112, 55%; rata-rata penerimaan PAD dari tahun 2001-2004 sebesar 124, 32%. Secara keseluruhan penerimaan pajak daerah dan PAD sudah efektif yaitu diatas 100%.
Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti memberikan saran sebaiknya Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Magetan lebih meningkatkan pegawai yang kompeten.

 

Keyword : Pajak Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/90/jiptummpp-gdl-s1-2005-ernasetyaw-4482-PENDAHUL-N.PDF



Abstract: PDF , PS , DOC