PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP TOTAL NILAI PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM LQ 45 DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1999-2003

MEI FAJAR SARI

Abstract



Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan manufaktur yang tergabung dalam LQ 45 yang listing di BEJ, dengan judul Pengaruh Struktur Modal terhadap Total Nilai Perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 yang listing di BEJ periode 1999 ? 2003.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap total nilai perusahaan adalah analisis regresi sederhana. Untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat menggunkan uji t, dengan hasil bahwa variabel bebas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat.
Dari analisis regresi sederhana tersebut, sesuai dengan tolak ukur yang digunakan, terdapat kecenderungan bahwa struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang tergabung dalam LQ 45. dengan demikian H1 dalam penelitian ini tidak terbukti, sedangkan untuk H0 dalam penelitian ini sudah terbukti, karena terdapat kecenderungan bahwa struktur modal itu tidak berpengaruh terhadap total nilai perusahaan. Hal ini disebabkan karena adanya faktor lain yang kuat pengaruhnya yaitu; IHSG, tingkat suku bunga Indonesia (SBI), harga saham penutupan dan tingkat pengembalian pasar.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat menyarankan untuk penelitian selanjutnya supaya mempertimbangkan dalam hal pemilihan sampel yang digunakan, yaitu dengan menggunkan sampel yang lebih banyak dan juga periode yang digunkan lebih panjang, sehingga dapat memberikan kesimpulan yang berbeda dengan hasil yang diperoleh pada penelitian ini. Selain itu juga peneliti selanjutnya harus mempertimbangkan adanya faktor lain yang memilki pengaruh lebih kuat terhadap total nilai perusahaan, misalnyas IHSG, SBI, harga saham penutupan dan tingkat pengembalian pasar.

 

Keyword : Pengaruh; struktur modal


Keywords


Pengaruh; struktur modal