ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. MERTEX Mojokerto)

ANJARSARI AYUWANGI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. MERTEX Mojokerto dengan judul ?Analisis Pengendalian Biaya Kualitas Sebagai Upaya untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan.?
Tujuan penelitian ini adalah menganalisa proses pengendalian biaya kualitas pada perusahaan; menjelaskan bagaimana pengukuran dan pelaporan biaya kualitas di perusahaan serta membuktikan apakah dengan pengendalian biaya kualitas secara berkesinambungan mampu meningkatkan keunggulan bersaing.
Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan adalah dengan tahapan sebagai berikut, pertama melakukan proses pengendalian biaya kualitas pada perusahaan yang dimulai dari mengindentifikasi semua data biaya kualitas yang termasuk dalam biaya kualitas dan mengklasifikasikannya dalam kategori biaya kualitas, yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal. Kedua, melakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas perusahaan seperti menghitung, menyusun dan melakukan analisis biaya kualitas di perusahaan. Ketiga, melakukan pengukuran biaya kualitas dan keunggulan bersaing perusahaan seperti, membandingkan biaya kualitas dari tahun ke tahun dan juga membandingkan volume penjualan dan biaya kualitas dengan pesaing.
Hasil analisis yang telah dilakukan menyatakan bahwa pengendalian biaya kualitas perusahaan sudah semakin baik, terbukti pada tahun 2002 dan 2003 terdapat penurunan terhadap biaya kegagalan yang jumlahnya melampaui kenaikan biaya pengendalian (biaya pencegahan dan biaya penilaian). Dengan adanya pengendalian biaya kualitas membuktikan bahwa perusahaan lebih bersaing dibanding dengan pesaingnya.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa perusahaan perlu menerapkan pengendalian biaya kualitas pada semua departemen dan seluruh karyawan akan pentingnya kualitas. Selain itu perusahaan perlu menekan biaya kegagalan yang sudah terjadi, agar perusahaan dapat mencapai zero defect.

 

Keyword : Biaya; Perusahaan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/93/jiptummpp-gdl-s1-2005-anjarsaria-4647-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Biaya; Perusahaan