EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT. CUSSON DISTRIBUTOR INDONESIA DEPO MADIUN

LEO RIZAL ANDARIYON

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian PT. Cusson Distributor Indonesia Depo Madiun demgam judul ?Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Pada PT. Cusson Distributor Indonesia Depo Madiun?.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji sistem informasi penjualan dan Prosedur Penjualan dapat menghasilkan informasi yang relevan untuk penunjang pengambilan keputusan manajemen bidang penjualan pada PT. Cusson Distributor Indonesia Depo Madiun.
Alat analisis yang digunakan antara lain Struktur Organisasi dan Flow Chart Sistem dan Prosedur Penjualan, menganalisis pengendalian intern atas transaksi penjualan yang terjadi dengan cara membandingkan anggaran dengan realisasi penjualan yang ada serta melihat aktivitas yang terkait didalamnya serta mengevaluasi Sistem akuntansi dan prosedur penjualan pada PT. Cusson Distributor Indonesia Depo Madiun.
Dari hasil evaluasi ini akan diperoleh beberapa kemajuan dalam pembenahan-pembenahan dalam Sistem Informasi Akuntansi dan Prosedur Penjualan untuk penjualan tunai dan kredit khususnya pada Bagian Gudang dalam menjalankan tugasnya dalam hal mempersiapkan barang pesanan akan memiliki surat perintah khusus yang dapat dipergunakan sebagai arsip dan surat pengambilan barang didalam gudang oleh pegawai gudang, sehingga akan diperoleh kemudahan pencatatan dalam kartu stock barang (keluar masuknya barang) dan mencocokan barang yang dipesan pelanggan, Bagian Pemasaran akan lebih terawasi dalam melakukan pencatatan faktur penjualan yang dapat mengakibatkan penyelewengan atau manipulasi data dan Sistem dan prosedur penjualan khususnya dalam menggunaan faktur penjualan tunai dengan kredit dapat dipisahkan sehingga akan mempermudah dalam melakukan pencatatan kearsipan.
Berdasarkan kesimpulan diatas , penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya faktur penjualan yang digunakan PT. Cussons Distributor Indonesia Depo Madiun serta data yang dikumpulkan antara lain jumlah penjualan dalam unit dan rupiah, jenis produk yang dijual serta nama dan alamat konsumen yang mana data-data tersebut sudah sudah dapat dijadikan masukan arsip kepada manajemen untuk menyikapi kebijakan pemasaran pada masa yang akan datang, namun sebaiknya pesanan barang yang ada pada faktur surat pesanan perlu ditambahkan kedalam faktur penjualan atau faktur surat pesanan terlampir pada faktur penjualan sehingga dapat diketahui produk yang terbeli maupun yang tidak jadi terbeli sehingga mudah ditanyakan penyebabnya dan dapat dijadikan laporan kepada manajemen pemasaran untuk disikapi tersangkut masalah kebijakan penjualan.

 

Keyword : sistem; informasi; akutansi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/93/jiptummpp-gdl-s1-2005-leorizalan-4648-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


sistem; informasi; akutansi