ANALISIS BIAYA RELEVAN UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN MENJUAL LANGSUNG ATAU MEMPROSES LEBIH LANJUT KOMODITAS APEL (Studi Pada Agropolitan Batu)

SRI WAHYUNI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Agropolitan Batu dengan judul ?Analisis Biaya Relevan untuk Pengambilan Keputusan Menjual Langsung atau Memproses Lebih Lanjut Komoditas Apel Pada Agropolitan Batu?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penghitungan analisis biaya relevan dapat berperan dalam pengambilan keputusan menjual langsung atau memproses lebih lanjut komoditas Apel di Agropolitan Batu.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah keputusan menjual langsung atau memproses lebih lanjut yang lebih menguntungkan menggunakan analisis sederhana yang merupakan serangkaian prosedur yang bila dilakukan akan menghasilkan suatu keputusan. Tolak ukur untuk menentukan bahwa menjual langsung atau memproses lebih lanjut komoditas Apel yang lebih menguntungkan yaitu dengan cara membandingkan pendapatan melakukan penjualan secara langsung dengan pendapatan bila melakukan pemrosesan lebih lanjut yang telah dikurangi biaya-biaya pemrosesan.
Hasil perhitungan dengan analisis sederhana untuk pemrosesan lebih lanjut dengan alternatif Jenang Apel dengan pendapatan sebesar Rp. 630.000 untuk sekali produksi, sedangkan untuk alternatif pengolahan lebih lanjut sari Apel pendapatannya sebesar Rp. 336.000 per produksi.
Dari hasil analisis sederhana diatas, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, maka memproses lebih lanjut komoditas Apel menjadi Jenang Apel dan sari Apel lebih menguntungkan dapat melakukan penjualan secara langsung saat split off point.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya petani melakukan penjualan secara langsung saat harga Apel tinggi dan melakukan pengolahan lebih lanjut saat harga Apel rendah.

 

Keyword : Komoditas; Biaya

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/94/jiptummpp-gdl-s1-2005-sriwahyuni-4651-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Komoditas; Biaya