PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL PADA PT. ARTHAWENA SAKTI GEMILANG MALANG

Dwi Tony Arifandi

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Arthawena Sakti Gemilang dengan judul ? Penentuan Harga Pokok Produksi sebagai Dasar Penetapan Harga Jual pada PT. Arthawena Sakti Gemilang di Malang?.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu manajer dalam menganalisis dan mengembangkan laporan keuangan yang ada menjadi laporan perhitungan harga jual dengan pendekatan variable costing.
Perhitungan harga pokok produksi dengan pendekatan variable costing akan tetapi perusahaan melakukan perhitungan harga pokok produksi dengan pendekatan full costing sehingga perusahaan menghitung semua biaya produksi kedalam harga pokok produksi. Perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan pendekatan variable costing sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam perencanaan laba jangka pendek, pengendalian biaya tetap yang lebih baik dan pengambilan keputusan jangka pendek, biaya tetap tidak relevan karena tidak terpengaruh oleh pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen.
Dari hasil analisis perhitungan harga pokok produksi pada PT. Arthawena Sakti Gemilang menunjukkan bahwa harga pokok produksi Avian lebih besar dari pada Radja Lux. Hal ini disebabkan prosentase penjualan lebih besar Radja Lux dari pada Avian.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis mengimplikasikan bahwa untuk kepentingan manajemen perusahaan sebaiknya menggunakan pendekatan variable costing untuk menentukan harga pokok produksi untuk menetapkan harga jual pada PT. Arthawena Sakti Gemilang Malang.

 

Keyword : HARGA POKOK PRODUKSI; HARGA JUAL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/95/jiptummpp-gdl-s1-2005-dwitonyari-4717-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


HARGA POKOK PRODUKSI; HARGA JUAL