PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MENCAPAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PADA PT. INDOMARINE SINGOSARI MALANG

WIWIK SURYATININGRUM

Abstract


Penulis dalam melakukan penelitian ini mengambil judul ? PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MENCAPAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PADA PT. INDOMARINE SINGOSARI MALANG?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku untuk mencapai efisiensi dan efektivitas pada PT. Indomarine Singosari Malang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis efisiensi dengan menggunakan metode peramalan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan oleh perusahaan dapat menggunakan metode peramalan dalam pembuatan anggaran kebutuhan bahan baku tahunan, karena dengan metode ini perusahaan dapat menekan deviasi terhadap saldo akhir, yang disebabkan bahan bakau rusak karena terlalu banyak ditumpuk di gudang persediaan. Dimana dengan menggunakan metode peramalan pembelian bahan baku dapat diperkirakan setiap bulannya, sehingga tidak terjadi penumpukan bahan baku bila tidak ada order. Dengan demikian perusahaan dapat mengefektifkan persediaaan bahan baku.
Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dalam pembuatan anggaran kebutuhan bahan baku tahunan perusahaan dapat menggunakan metode peramalan, karena dengan metode ini perusahaan dapat menekan deviasi terhadap saldo akhir, yang disebabkan bahan bakau rusak karena terlalu banyak ditumpuk di gudang persediaan.
Adapun saran yang dapat diusulkan adalah Agar PT. Indomarine Singosari Malang dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga dapat menekan biaya bahan baku, sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan dalam perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku
1. Biaya-biaya yang berhubungan dengan persediaan dapat ditekan, misalnya biaya pemesanan, biaya penyimpanan, biaya untuk bahan yang rusak.
2. Perusahaan sebaiknya tidak melakukan pemesanan apabila tidak ada order dari pemesan, dan hanya melakukan pemesanan menurut kebutuhan atau apabila ada order saja.

 

Keyword : PERSEDIAAN BAHAN BAKU

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/97/jiptummpp-gdl-s1-2005-wiwiksurya-4846-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PERSEDIAAN BAHAN BAKU