PENERAPAN TAX PLANNING UNTUK PAJAK PENGHASILAN SEBAGAI UPAYA PENGHEMATAN PEMBAYARAN PAJAK (Studi Kasus Pada PT. Saripan Pacific Internasional Banjarmasin)

Budi Rahman Utama

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada PT. Saripan Pacific Internasional Banjarmasin dengan judul ?PENERAPAN TAX PLANNING UNTUK PAJAK PENGHASILAN SEBAGAI UPAYA PENGHEMATAN PEMBAYARAN PAJAK?.
Tujuan perencanaan pajak ini adalah untuk mengetahui apakah pada PT. Saripan Pacific Internasional Banjarmasin telah melakukan perencanaan pajak dengan tepat dan untuk mengetahui besarnya penghematan pajak dengan adanya perencanaan pajak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada PT. Saripan Pacific Internasional Banjarmasin belum melaksanaakan perencanaan pajak secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya biaya-biaya yang digunakan perusahaan untuk memberikan kenikmatan kepada karyawan dalam bentuk natura (bukan uang tunai). Selain itu juga masih terdapat biaya-biaya yang dalam perpajakan tidak bisa diakui sebagai biaya, sehingga biaya-biaya tersebut tidak bisa dikurangkan dari penghasilan kena pajak. Dampak dari hal ini adalah bahwa laba yang diperlukan perusahaan menjadi besar. Pajak yang terutang menurut Fiskal PT. Saripan Pacific Internasional Banjarmasin sedangkan jikaperusahaan menerapkan perencanaan pajak seperti yang diusulkan peneliti maka pajak yang terutang sebesar Rp. 258.119.461,98 dan terjadi penghematan pajak sebesar Rp. 21.258.987,02. Perencanaan pajak yang diusulkan peneliti yaitu antara lain pemberian kenikmatan dalam bentuk natura diganti dengan pemberian tunjangan (uang tunai), selain itu juga dengan cara mengalihkan atau mengalokasikan biaya komersial ke biaya fiskal. Akan tetapi strategi ini tidak menyalahi peraturan perpajakan yang berlaku saat ini, strategi ini sifatnya hanya menyiasati peraturan dan Undang-undang perpajakan.
Dari hasil analisa diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perencanaan pajak yang tepat, dalam artian sesuai dengan Undang-undang dan peraturan perpajakan yang berlaku, maka akan dapat menghemat pajak penghasilan yang terutang pada wajib pajak badan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan sebaiknya PT. Saripan Pacific Internasional Banjarmasin menerapkan perencanaan pajak yang tepat untuk meminimalkan pajak penghasilan yang terutang karena dengan perencanaan pajak terbukti bisa meminimalkan jumlah pajak penghasilan badan yang terutang.

 

Keyword : TAX PLANNING; PAJAK PENGHASILAN; PEMBAYARAN PAJAK

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/98/jiptummpp-gdl-s1-2005-budirahman-4885-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


TAX PLANNING; PAJAK PENGHASILAN; PEMBAYARAN PAJAK