OPERASIONAL AUDIT UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS FUNGSI PENJUALAN PADA CV. SUKET TEKI MALANG

Koes Cahyono. P

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada CV. SUKET TEKI yang bergerak dalam bidang produksi rokok. Operasional audit dilakukan untuk menilai dari kegiatan penjualan sehingga efisiensi dan efektifitasnya bisa diketahui, untuk itu penulis mengambil judul ?OPERASIONAL AUDIT UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS FUNGSI PENJUALAN?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah operasional audit sudah diterapkan pada fungsi penjualan dan bagaimana tingkat efisiensi dan efektifitasnya dinilai. Dalam melaksanakan penelitian ini waktu yang dibutuhkan penulis yaitu mulai tanggal 5 April sampai dengan 20 Mei tahun 2005.
Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis terhadap standart penjualan, dalam hal ini perusahaan menggunakan anggaran sebagai standar, analisis terhadap pengendalian (efisiensi dan efektifitas), untuk menilai tingkat efisiensi digunakan perbandingan antara beban penjualan dengan realisasi penjualan (apakah kenaikan beban penjualan sebanding dengan kenaikan realisasi penjualan), sedangkan untuk menilai efektifitas digunakan analisis varian yaitu dengan membandingkan antara anggaran penjualan dengan realisasi penjualan kemudian dicari selisihnya (apakah selisih positif atau selisih negatif).
Dalam pengumpulan data, penulis melakukan penelitian pada CV. SUKET TEKI yang berada di Jln. Mayjen Sungkono VI no. 121 Malang.
Kesimpulan yang dapat diambil setelah mengadakan analisis:
1. Masih adanya perangkapan tugas didalam organisasi.
2. Untuk pengendaliannya pada fungsi penjualan belum efisien dan sudah efektif tetapi belum optimal.
3. Sarana promosi yang digunakan kurang luas jangkauanya sehingga kurang mengena pada sasaran.
4. Kurang matangnya penyusunan anggaran sehingga ada beberapa produk yang hasil penjualannya kurang dari yang telah dianggarkan.
Berdasarkan hasil analisis maka solusi yang dapat penulis sampaikan antara lain: mengadakan pembenahan organisasi, peningkatan sarana promosi yang jangkauannya lebih luas, dalam penyusunan anggaran penjualan sebaiknya dibuat perwilayah.

 

Keyword : OPERASIONAL AUDIT; FUNGSI PENJUALAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/98/jiptummpp-gdl-s1-2005-koescahyon-4889-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


OPERASIONAL AUDIT; FUNGSI PENJUALAN