EVALUASI ATAS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BUMN SEKTOR PERBANKAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN EFEKTIFITAS KONTRIBUSI TERHADAP PENDAPATAN NEGARA

Wiriyanto Wahyuana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan objek penelitian yaitu perusahaan BUMN Sektor Perbankan dengan judul ? Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN sektor Perbankan dan Hubungannya Dengan Efektifitas Kontribusi Terhadap Pendapatan Negara?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas dan perbedaan efektifitas kinerja keuangan masing-masing perusahaan BUMN sektor perbankan menggunakan rasio keuangan, dan untuk mengetahui apakah tingkat efektifitas kinerja keuangan perusahaan BUMN sektor perbankan memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.
Dalam penelitian ini, objek penelitian adalah perusahaan BUMN sektor perbankan yang go public terdiri ; Bank Negara Indonesia (Bank BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Mandiri.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan adalah dengan menggunakan 6 Rasio Keuangan ( rasio CAR, Rasio Aktiva Produktif Yang Diklasifikasikan Terhadap Aktiva Produktif, Rasio Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif, Rasio Net Profit Margin, Rasio Return On Assets, Rasio Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Rasio Kredit Terhadap Dana Yang Diterima Oleh Bank ). Untuk mengetahui tingkat kesehatan perbankan digunakan alat analisis model CAMEL. Sedangkan untuk pengukuran tingkat efektifitas digunakan alat analisis dengan perbandingan antara target perusahaan dengan realisasi kinerja keuangan dalam satu periode. Alat analisis untuk mengetahui hubungan antara kinerja keuangan perusahaan dengan kontribusi terhadap pendapatan negara menggunakan uji korelasi rangking Spearman.
Hasil analisis menggunakan rasio keuangan menunjukkan bahwa Bank BNI secara umum memiliki tingkat rasio keuangan yang lebih rendah dibanding bank-bank yang lain. Berdasar uji tingkat kesehatan perbankan dengan model CAMEL diperoleh bahwa bank BNI dimasukkan dalam kategori kurang sehat. Tingkat efektifitas kinerja kuangan menunjukkan bahwa bank BNI memiliki tingkat efektifitas kinerja keuangan yang rendah dibanding dengan bank-bank yang lain. Sedangkan hasil uji hubungan kinerja keuangan dengan kontribusi terhadap pendapatan negara menggunakan uji rangking spearman diperoleh hasil bahwa rasio CAR, NPM, dan ROA yang memiliki hubungan secara langsung terhadap besar kecilnya kontribusi perusahaan terhadap pendapatan Negara.
Berdasar kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya bank BNI lebih meningkatkan kinerja keuangan perusahaan agar memiliki dampak yang positif juga dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara, dan juga agar bank BNI tidak terlalu tertinggal dengan kinerja keuangan bank BRI dan bank Mandiri yang semakin mampu untuk memberdayakan perusahaan BUMN untuk meningkatkan pendapatan negara.

 

Keyword : Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/98/jiptummpp-gdl-s1-2005-wiriyantow-4890-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN