EFEKTIFITAS PEMUNGUTAN PAJAK PARKIR SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN SITUBONDO

Heryanto Heryanto

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang dilakukan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Situbondo dengan judul ?EFEKTIFITAS PEMUNGUTAN PAJAK PARKIR SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN SITUBONDO?.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pemungutan pajak parkir yang dilakukan Dinas Pendapatan Daerah, Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pemungutan pajak parkir, Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penerimaan pajak parkir.
Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui efektifitas pemungutan pajak parkir pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Situbondo adalah Mengevaluasi pelaksanaan pemungutan pajak parkir yang yang mengacu pada sistem dan prosedur pemungutan terdiri dari:Pendaftaran dan Pendataan, Penetapan, Penyetoran, Pembukuan. Membandingkan target dan realisasi penerimaan pajak parkir, Mengidentifikasi faktor-faktor kendala yang terjadi dalam pemungutan pajak parkir, Mengidentifikasi usaha-usaha untuk meningkatkan penerimaan pajak parkir.
Dari hasil penelitian dapat terlihat bahwa penerimaan pendapatan asli daerah dari tahun 2003-2004 selalu dapat mencapai target yang telah ditetapkan, dan penerimaan pajak parkir dari tahun 2003-2004 juga dapat mencapai target yang telah ditetapkan sehingga dapat disimpulkan bahwa pemungutan pajak parkir yang dilakukan oleh kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Situbondo sudah berjalan secara efektif karena dapat melebihi target yang telah ditetapkan. Namun dalam pelaksanaannya mengalami beberapa kendala/ hambatan yang menyebabkan pencapaian hasil yang kurang optimal. Untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul diperlukan upaya-upaya agar hasil yang diperoleh sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat memberikan saran kepada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Situbondo yaitu adanya peningkatan sumberdaya manusia agar dalam menghadapi tantangan dan meraih peluang dimasa yang akan datang, dan dalam menciptakan pungutan baru hendaknya pemerintah memperhatikan situasi dan kondisi sosial ekonomi dari masyarakatserta didahului dengan sosialisasi agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat dan harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan masyarakat.

 

Keyword : Pajak Parkir

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-heryanto00-5104-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pajak Parkir