ANALISA BUDGET KAS DALAM USAHA MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN RENTABILITAS (STUDI KASUS PADA PT. MENTARI MASSEN TOYS INDONESIA)

Ony Setyo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bersifat studi kasus pada PT. Mentari Massen Toys Indonesia, dengan judul ?Analisa Budget Kas Dalam Usaha Menjaga Likuiditas Dan Meningkatkan Rentabilitas Perusahaan?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh budget kas perusahaan dapat menjaga likuiditas dan meningkatkan rentabilitas perusahaan. Mengingat kas adalah komponen penting yang dapat mempengaruhi aktivitas operasi perusahaan, maka dibutuhkan suatu manajemen kas yang dapat menyusun kas dengan baik guna menjaga keseimbangan laba yang diperoleh dengan resiko yang di hadapi.
Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa likuiditas dan analisa rentabilitas. Untuk dapat menganalisa likuiditas dan rentabilitas penulis menggunakan langkah penyusunan budget kas dengan melalui 8 langkah. Dalam penyusunan budget kas menggunakan analisa trend dengan metode last square yang dianggap lebih baik.
Dari hasil penyusunan budget kas pada tahun 2005, analisa likuiditas dan rentabilitas mengalami peningkatan yang cukup baik. Dengan peningkatan likuiditas perusahaan yang cukup tinggi dapat mengakibatkan hilangnya kesempatan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Dari hasil analisa kas bahwa perusahaan memiliki surplus kas. Untuk menghindari banyaknya kas yang menganggur, maka perusahaan memilih alternatif menginvestasikan ke giro sehingga posisi rentabilitas perusahaan menujukkan bertamabah besar.

 

Keyword : ANALISA BUDGET KAS

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/103/jiptummpp-gdl-s1-2005-onysetyowi-5107-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANALISA BUDGET KAS